MESUJI
Banjir Mesuji (pin/ist)
27/11/2017 22:02:30
1086

Khamami Data Rumah, Lahan Pertanian dan Perkebunan Dampak Banjir

Harianlampung.com - Bupati Mesuji Khamami memantau sekaligus melakukan pendataan langsung terhadap korban bencana banjir yang menimpa wilayah kabupaten. Seperti yang dilakukannya, Senin (27/11), Khamami melakukan pendataan di sejumlah desa di Kecamatan Mesuji Timur.

"Kami terus berupaya melakukan penangan. Sejak pagi tadi sampai sekarang, malam ini saya masih lokasi banjir SP 9," ujar Khamami melalui sambungan telpon kepada harianlampung.com, malam ini.

Menurut Khamami pihaknya tengah melakukan penangan terhadap korban dan dampak bencana banjir. Seperti pendataan jumlah rumah penduduk yang tergenang banjir, pendataan terhadap luasan lahan pertanian dan perkebunan milik petani yang terkena bencana banjir.

"Kami sedang lakukan penanganan, data lahan pertanian, jenis tanaman dan rumah penduduk dimulai dari Desa Tebing Karya Mandiri, Dwi Karya Mustika, Wonosari, Sungai Cambai, Tirtalaga, Tanjung Mas Mulya, Tanjung Mas Jaya, dan Desa Tanjung Mas Rejo,"ungkap.

Dia menjelaskan curah hujan tinggi ditambah air laut yang pasang dalam dalam sepekan ini menjadi faktor terjadinya banjir. Kemudian terjadinya pendangkalan sungai dan saluran primer. Sehingga kala hujan, aliran air diprimer yang mengalir kesungai buaya bergerak lambat.

"Banjir akibat curuh hujan yang cukup tinggi, pendangkaln sungai dan air laut pasang yang tinggi juga. Air pada sungai dan saluran primer tidak gerak hingga perlu pendalaman saluran primer dan tetap dilakukan upaya penanganan," paparnya.

Diketahui, banjir yang melanda 14 Desa di Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji telah berlangsung hampir sepekan ini. Telah mengenangi ratusan rumah penduduk, dan merendam ribuan lahan pertanian dan perkebunan petani. Kini banjir terlihat mulai surut. 
(ish/iqb)