PESAWARAN
Sosialisasi Disdukcapil (ran/pin)
06/9/2017 16:50:37
160

Disdukcapil Pesawaran Dorong Pembuatan Akte Kelahiran

Harianlampung.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran menggandeng Kepala Unit Pelayanan Teknis (KUPT) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Gedongtataan untuk mensosialisasikan dan sekaligus memberikan pelayanan pembuatan akta kelahiran.

Kepala Seksi (Kasi) Kelahiran Neni Puryanti, mengatakan, pemerintah telah membuat target pencapaian akta kelahiran dari awal bulan September sampai dengan bulan Oktober, harus selesai se-Kabupaten Pesawaran. Hal ini dilakukan untuk menyusul target nasional pencapaian pembuat akta lahir.

“Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), target pembuat akta kelahiran harus mencapai 85 persen di kabupaten Andan Jejama ini, kemarin kita sosialisasi di negri Katon dan hari ini di gedongtataan,” katanya, kepada kepala sekolah sebagai Kecamatan Gedongtataan, Rabu (6/9)

Neni menjelaskan, target pencapaian akta ini untuk anak usia 0-18 tahun. Dari jumlah anak usia itu di Pesawaran, minimal harus 85 persen harus memiliki akta lahir.

Pihaknya, menggandeng sekolah melalui KUPT Pendidikan dan Kebudayaan dan seluruh kepala sekolah yang ada di Kecamatan Gedongtataan, yang nantinya pihak sekolah yang langsung mengajak warga melalui siswa di kelas untuk taat membuat akta kelahiran.

“Biar para kepala sekolah yang nantinya akan mengkoordinir, membantu mengajak masyarakat untuk membuat akta,” jelasnya.

Ditempat yang sama, PLH KUPT Disdik Gedongtataan Solecha, M.Pdi menyambut baik program sosialisasi yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Pesawaran.

"Masih banyak siswa di Gedongtataan ini yang belum memiliki akta, nantinya saya akan instruksikan kebawah agar merespon program dari Disdukcapil pesawaran ini," katanya.
(ran/iqb)