PESAWARAN
Ilustrasi (pin/ist)
08/2/2018 17:49:31
899

Baznas Pesawaran : Zakat Profesi Guru Pesawaran 200 Juta Lebih

Harianlampung.com - Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran, Riski mengungkapkan ada tambahan pemasukan zakat setidaknya lebih dari 200juta dari pemotongan 2,5% Zakat Profesi Guru di Kabupaten Pesawaran yang diterima Baznas Pesawaran pada bulan februari 2018.

"Kemarin ada kenaikan pemasukan dari zakat profesi dari guru guru di Pesawaran, jumlah pastinya saya tidak tau namun lebih dari 200 juta," ungkapnya.

Dijelaskan, peningkatan pemasukan zakat didapat dari guru guru di Kabupaten Pesawaran yang sudah mulai mendapatkan pemotongan 2,5% Zakat Profesi.

"Sebelumnya ASN lain sudah membayarkan zakat tiap bulan dengan rata rata pemasukan zakat 70 juta, dengan diberlakukannya zakat kepada guru kini zakat profesi dan infak dari seluruh ASN Pesawaran mencapai 300juta," jelasnya.

Sedangkan, kata dia, pihaknya hanya menerima zakat profesi tersebut, sesuai dengan undang undang yang berlaku tentang zakat.

"Kalau wewenang penarikan zakat ada di pemerintah kabupaten, kami hanya menerima," kata dia.

Riski menuturkan, nantinya zakat yang diterima akan disalurkan sebagai mana mestinya.

"Kita akan bagikan bagi yang memiliki hak, jika jumlah yang akan dikeluarkan besar kita akan koordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk penyalurannya," tuturnya.

"Jumlah ini agak besar, dan belum kami apa apakan, jika terjadi komplain dana masih utuh dan aman," timpalnya.
(ran)