PESAWARAN
Warga Gotongroyong membangun jembatan (pin/dok)
12/2/2018 19:31:04
590

Tanpa Bantuan Desa, Warga Swadaya Bangun Jembatan

Harianlampung.com - Sejumlah warga RT 01 RW 02, Sukaraja 5 kecamatan Gedongtataan secara swadaya dan gotongroyong membangun jembatan tanpa bantuan desa setempat.

"Saya dan warga sekitar dengan inisiatif sendiri membangun jembatan ini, karena mau nunggu dibangun dengan desa mungkin masih lama, jadi ya kita gotong royong saja," ujar asep, koordinator warga, senin (12/2).

Menurutnya sebelumnya jembatan tersebut hanya ala kadarnya menggunakan kayu, dan terkesan seadanya.

"Jembatannya dari kayu, mungkin jembatan sementara. Tapi kok tidak kunjung diganti setelah sekian lama. Itu kan jalan yang menghubungkan warga ke Islamic Center Pesawaran jadi suka tidak suka harus dibangun," ungkapnya.

Terkait pendanaan Asep menerangkan, seluruh biaya dipikul oleh warga secara swadaya.

"Setelah sepakat, saya dengan Pak Holidin (warga sukaraja - red) keliling ke warga sekitar untuk mengumpulkan bantuan. Alhamdulillah warga antusias memberikan sedikit rezekinya, dan kita bisa membangun jembatan ini," terangnya.

Dijelaskan, rencananya warga akan membangun 2 buah jembatan penghubung ke Islamic Center Pesawaran.

"Kita bangun jembatan cor coran, jadi permanen dan lebih kuat. Nantinya jalan bisa dilewati oleh kendaraan roda empat sekalipun," jelas dia.

Ditempat yang sama, salah seorang warga Sukaraja, Holidin berharap nantinya pemerintah sekitar bisa memperhatikan lagi terkait pembangunan wilayahnya.

"Warga disini sudah sukarela membangun jembatan dengan uang sendiri dan dikerjakan sendiri secara bersama sama, nantinya ini akan dinikmati semua orang yang hendak ibadah menuju Islamic. Saya berharap pihak terkait bisa memperhatikan lagi, karena setelah terbangun jalan ini juga butuh talut untuk kemudian dipakai warga," ucapnya.

"Saya dengan teman teman disini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sadar akan pentingnya pembangunan ini dari penggalangan dana sampai pembangunan fisik," timpal pria pensiunan TNI tersebut.
(ran)