PESISIR BARAT
Bantuan Rumah Nelayan di Kecamatan Lemong (eva/pin)
01/11/2017 11:46:58
101

Nelayan Pekon Way Batang Berharap Bantuan Perumahan

Harianlampung.com - Masyarakat Pekon Way Batang, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), sangat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesibar dapat mengupayakan bantuan perumahan nelayan dari Pemerintah Pusat. Warga bahkan merelakan tanahnya sebagai lahan hibah untuk pembangunan kampung nelayan tersebut.

“Hari ini kita mengajukan ke Dinas Perikanan tanah warga yang siap dihibahkan ke Pemkab Pesisir Barat, dengan harapan tanah yang telah dihibahkan itu dapat dibangun perumahan nelayan,” ujar M Munadi, Peratin  Pekon Way Batang, di Kantor Dinas Perikanan setempat, Selasa (31/10).

Munadi menerangkan, bahwa sebelumnya di Pekon Way Batang telah mendapatkan bantuan perumahan nelayan, namun hal itu belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakatnya yang 90 persen diantaranya berprofesi sebagai nelayan.

“Masih banyak warga yang berprofesi sebagai nelayan belum mendapatkan bantuan rumah nelayan itu. Bahkan terdapat juga masyarakat nelayan di pekon rumahnya diisi oleh 3 kepala keluarga, maka harapannya dengan bantuan rumah nelayan ini nanti dapat menolong masyarakat setempat,” harapnya.

Masih kata Munadi, lahan hibah yang telah disiapkan oleh warga pekon setempat untuk dibangun perumahan nelayan itu adalah seluas 1 hektare. “Lahan yang kita siapkan untuk dihibahkan kepada pemda dan dibangun perumahan nelayan yaitu 1 hektare,” lanjutnya.

Pihaknya berharap kepada pemkab Pesisir Barat dapat memperjuangkan serta memberikan dukungan kepada masyarakat Pekon Way Batang. Dengan acuan bahwa Pemkab Pesibar mendapatkan gambaran bahwa di tahun depan akan mendapatkan bantuan serupa seperti tahun ini.

“Kita sangat berharap kepada Pemda Pesisir Barat terutama Pak Bupati, agar dapat mendukung harapan dari masyarakat Pekon Way Batang ini. Apalagi dari Pemerintah Pusat ada gambaran bahwa tahun depan akan ada bantuan serupa lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Bendahara Koperasi Nelayan  Mina Makmur Lestari, Rusmansyah menanggapi harapan dari masyarakat Pekon Way Batang, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat itu.

Bahwa pihak koperasi nelayan untuk usulan itu akan berkoordinasi dengan kecamatan lain yang dapat menyiapkan lahan hibah untuk dibangun perumahan nelayan.

"Koperasi siap memfasilitasi usulan masyarakat Pesisir Barat untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah pusat melalui Dinas Perikanan Pesisir Barat, dan kepada elaku Bupati, kami sangat berharap dukungannya agar bisa terealisasinya bantuan dari pusat itu," pungkas Mansyah.
(eva/yls)