PESISIR BARAT
Kegiatan tanam padi bersama. (eva/pin)
02/11/2017 13:17:35
126

Pesibar Canangkan Percepatan Gerakan Tanam Padi Serentak

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mencanangkan percepatan gerakan tanam padi serentak di wilayahnya. Acara yang digelar di di Pekon Penggawa V Tengah Kecamatan Karyapenggawa tersebut dihadiri langsung Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan Siahaan Ak, selaku penanggungjawab Upaya Khusus Provinsi Lampung.

Hadir pula Kepala Dinas Pertanian Pesibar Jalaludin, Dandim 0422/LB Lentkol Inf Iskandar., Camat Karyapenggawa Ermen Patria, serta sejumlah petani yang ada di kecamatan Karyapenggawa.

Dalam kegiatan tersebut, Irjen Kementan Justan Riduan Siahaan bersama dengan petani Dandim dan Kadistan serta sejumlah pejabat lainnya melakukan kegiatan tanam bersama di areal persawahan warga. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama terkait percepatan tanam musim tanam rendeng Oktober-Maret.

Usai melakukan tanam bersama dan bertatap muka dengan para petani, Irjen bersama dengan Kadistan Pesbar dan Dandim 0422/Lb yang didamping oleh beberapa pejabat di Dinas Pertanain pesbar melakukan kegiatan panen bersama dengan petani di Pekon Kebuayan Kecamatan Karyapenggawa yang berjarak tidak jauh dari lokasi tanam bersama.

Dalam kesempatan itu, Justan mengungkapkan bahwa program Kementan untuk mewujudkan swasembada pangan menuju lumbung pangan dunia tidak akan terwujud jika tidak ada peran dan kerja keras petani, yang juga didukung oleh TNI. Kerja TNI yang cukup aktif merupakan kekuatan besar dalam merintintis kesuksesan dalam bidang pertanian.

“Dukungan lahan yang cukup juga sangat diperlukan dengan adanya lahan yang luas tentu akan memberikan lokasi tanam yang memadai dan dapat meningkatkan produksi padi petani,” kata dia.

Lanjutnya, Gerakan Tanam Serentak yang sedang digalakkan saat ini diharapkan dapat merangsang minat masyarakat untuk mengembangkan pertanian tanaman padi di lahan-lahan yang tersedia di tiap wilayah dengan berkoordinasi dan pendampingan lapangan. Dengan begitu, Lahan di Pesibar siap untuk mensukseskan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

Sementara itu, usai kegiatan pencanangan percepatan gerakan tanam padi serentak tersebut, Kabid Tanaman Pangan Gunawan, S.P., mendampingi Kadistan Pesbar Ir, Jalaludin, M.P., mengatakan kegiatan percepatan tanam serentak tersebut untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, sehingga tidak ada lagi impor beras dari negara lain.

“Impor beras yang saat ini masih berlangsung, kita lawan dengan percepatan tanam, petani yang baru selesai panen di kecamatan Karyapenggawa itu juga kita langsung instruksikan untuk melakukan penggarapan lahan dan melakukan penanaman kembali,” ungkapnya.

Dengan adanya kunjungan dari Irjen Kementan itu, pihaknya berharap para petani bisa terus terpacu semangatnya untuk terus melakukan penanaman, sehingga produksi padi petani di pesbar bisa terus meningkat.

Di kecamatan Karyapenggawa ini ada 40 hektar lahan yang dalam proses panen, dan hanya ada di Kecamataan ini, sedangkan di kecamatan lainnya sudah proses tanam semua, kita sudah tekankan untuk segera menggarap lahan kembali,” ujarnya.
(eva/yls)