PESISIR BARAT
SK PKB (fik/pin)
06/11/2017 16:00:06
105

Panwaskab Pesibar Endus Calon Panwascam Anggota Parpol

Harianlampung.com - Panitia Pengawas Pemilu  Kabupaten (Panwaskab) Pesisir Barat (Pesibar) mengendus adanya salah satu calon anggota Panwascam terindikasi menjadi salah satu anggota partai politik yakni diduga Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal ini berdasarkan laporan dari masyarakat setempat yang diterima oleh staff di sekretariat.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah menyampaikan, ada beberapa laporan dari masyarakat terkait calon anggota Panwascam di kabupatennya. Mulai dari rangkap jabatan hingga indikasi keterlibatan calon anggota di partai politik.

"Kami sangat mengharapkan peran masyarakat memberikan laporan kepada kami terkait calon anggota Panwascam ini. Kami memang sudah menerima beberapa laporan dari masyarakat seperti melalui pesan singkat dan laporan yang dikirim ke ojek," ucapnya saat diwawancarai, via phonselnya, Senin (6/11) siang.

Menurutnya, calon anggota Panwascam yang dilaporkan masyarakat yakni berasal dari Kecamatan Lemong dan sudah diklarifikasi kepada yang bersangkutan saat tahapan wawancara.

"Kalau soal terlibat parpol kami sudah lakukan klarifikasi, demikian juga dengan rangkap jabatan. Untuk yang laporan terlibat parpol kami sudah menghubungi juga ketua PAC PKB disana (Kecamatan Lemong), meski terlapor dan ketuanya membantah tapi ini menjadi catatan kami. Kan ada bukti SK nya (surat keputsan), kami hanya meminta kejujuran terlapor saja. Untuk rangkap jabatan kami hanya meminta komitmen dia saja kalau sudah terpilih, mereka dilindungi konstitusi juga," ungkapnya.

Sebanyak 133 peserta pelamar mendaftar di Panwaskab Pesisir Barat tersebar diseluruh kecamatan. Namun hanya 132 peserta yang mengikuti tes tertulis.

"Satu tidak lolos seleksi administrasi, belum cukup umur. Yang lainnya sudah kita lakukan tes tertulis dan sudah diambil enam besar. Kemarin (Minggu, 5/11) kami sudah lakukan tahapan wawancara, dan hari ini masih berlangsung. Pengumuman akan kami umumkan pada Rabu (8/11)," jelasnya.

Data yang diterima harianlampung.com, salah satu anggota Panwascam Kec. Lemong yang terindikasi terlibat parpol adalah atas nama Riki Aditia. Hal ini sesuai dengan SK :1367/DPW-03/IV/A.I/IX/2016. Yang bersangkutan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Tanfidz PAC PKB Kecamatan Lemong Pesisir Barat.
(fik/iqb)