PESISIR BARAT
Penyerahan Bantuan (eva/pin)
10/1/2018 16:20:12
326

Nelayan Pesibar Terima Bantuan KKP

Harianlampung.com - Kementerian Perikanan dan Kelautan menyerahkan bantuan kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat. Bantuan berupa kapal sebanyak 45 set dan 40 set alat tangkap dari  Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Pesisir Barat,  Agus Istiqlal kepada Koperasi Mina Makmur Lestari untuk diserahkan kepada 45 kelompok nelayan.

Kegiatan penyerahan bantuan yang berasal dari Kementerian Perikanan dan Kelautan anggaran pada Tahun 2017 lalu,  dipusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI),  Kuala Stabas, Kelurahan Pasar Krui,  Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat,  Rabu (10/1) sekitar Pukul 14.00 WIB.

Disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat Hasnul Abror,  kepada HarianLampung. Com bahwa bantuan kapal sebanyak 45 set serta alat tangkap berupa 40 set jaring dengan rincian satu set terdiri dari 20 jaring permukaan tersebut telah diterima Pemkab Pesisir Barat melalui Dinas Perikanan untuk diserahkan kepada 45 kelompok.

"Kegiatan siang ini juga,  selain menyerahkan bantuan kapal dan alat tangkap,  dalam hal ini Bupati Pesisir Barat juga menyerahkan secara simbolis bantuan asuransi nelayan,  bagi nelayan yang mendapatkan musibah dan kecelakaan.  Sebanyak dua ahli waris menerima bantuan sebesar Rp. 200 juta untuk korban meninggal dunia yakni warga Pekon Lintik,  Kecamatan Krui Selatan dan warga nelayan dari Pekon Tanjung Setia,  Kecamatan Pesisir Selatan yang mengalami sakit menerima bantuan sebesar Rp. 40 juta," papar Abror.

Untuk bantuan Kapal sebanyak 45 set yang terdiri dari perahu,  mesin dan pelampung serta alat tangkap berupa jaring tersebut,  masing - masing akan diterima oleh 45 kelompok nelayan yang tersebar di Kabupaten Pesisir Barat,  dari Kecamatan Lemong hingga Pekon Kotajawa Kecamatan Bangkunat. Sedangkan jumlah Kelompok nelayan yang sudah tersebar di Kabupaten Pesisir Barat sebanyak 300 kelompok.

" Sebelumnya bantuan ini memang sudah lama diusulkan oleh Pemkab Pesisir Barat melalui Dinas Perikanan,  dan alhamdllilah Pesisir Barat menerima bantuan terbanyak dari bantuan Kementrian yang ada di Provinsi Lampung, karena kabupaten lain banyak yang menerima hanya sekitar 5-10 kapal dan untuk Pesisir Barat menerima sebanyak 45 set kapal dan 40 set bantuan alat tangkap," jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Abror pada Bulan Oktober, Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat juga menerima bantuan bidang Perikan Budidaya melalui Koperasi nelayan Mina Makmur Lestari menyerahkan bantuan

Benin ikan nila sebanyak 115.000 ekor. Benih Ikan

Mas sebanyak 35.000 ekor. Benih ikan

Lele sebanyak 200.000 ekor,  bantuan

Pakan ikan sebanyak 29,5 ton dan bantuan satu paket obat obatan ikan.
(eva/iqb)