PESISIR BARAT
Peresmian KWH Pesibar. (eva/pin)
12/1/2018 11:28:46
366

Pekon Ulokmukti Pesibar Segera Nikmati Aliran Listrik PLN

Harianlampung.com - Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal,  menghadiri penyalaan pertama Kilo Watt Hour (KwH) baru dan penyerahan secara simbolis bantuan biaya sambungan KwH meter listrik dari Pemkab Pesibar ke masyarakat Kecamatan Bangkunat, Ngaras, Ngambur dan Pesisir Selatan, di Pekon Ulokmukti Kecamatan Ngambur, Rabu (10/1).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesibar, Piddinuri, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Drs. Jon Edward, M.Pd., kepala PT. PLN (Persero) Rayon Liwa Kabupaten Lampung Barat (Lambar), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pesibar, camat, peratin se-Kecamatan Ngambur, dan masyarakat penerima bantuan.

Dalam laporannya Kepala Jon Edward menyampaikan bahwa pemasangan listrik baru secara gratis tersebut dianggarkan Pemkab Pesibar melalui DPMPTSP pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017 sebesar Rp2,6 Milyar. "Dari kisaran anggaran tersebut tercatat sebanyak 3.043 unit KwH yang direalisasikan kepada masyarakat yang belum memiliki listrik," ujarnya.

Dijelaskannya, dibeberapa kecamatan yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan listrik gratis pada Tahun Anggaran 2017 lalu itu dalam waktu dekat akan segera menikmati aliran tegangan listrik dari PLN. "Salah satunya adalah Pekon Ulokmukti tidak lama lagi akan terang benderang," sambungnya.

"Pada Tahun 2018 ini akan kembali dianggarkan untuk kegiatan serupa dengan besaran anggaran sebesar RP2 Milyar. Untuk wilayah yang sudah memiliki jaringan listrik baru dan warganya belum memiliki KwH, maka akan segera didaftarkan," tukasnya.

Sementara disampaikan salah satu tokoh masyarakat Pekon Ulokmukti, Hipzon, bahwa realisasi pemasangan listrik gratis yang merupakan salah satu program unggulan Bupati Pesibar yang didukung penuh DPRD Pesibar itu, adalah sentuhan Pemkab Pesibar yang paling diidamkan sejak puluhan tahun silam. "Sejak 1992 silam listrik adalah yang paling kami idamkan. Baru sekarang kami merasa benar-benar merdeka, atas pemasangan KwH listrik baru secara gratis ini," ungkapnya singkat.

Dalam sambutannya Bupati Agus Istiqlal mengatakan bahwa, realisasi pemasangan listrik gratis dimaksud merupakan program yang diharuskan untuk terlaksana dengan maksimal. "Karena sangat disadari masih banyak warga Pesibar yang sampai saat ini bel bisa menikmati aliran listrik PLN," ungkap sosok yang beken disapa Udo Lal itu.

Sementara itu, Bupati juga berharap agar pihak legislatif Pesibar untuk bisa terus mendukung atas kelangsungan dari program tersebut, yakni dengan kesiapan untuk mengalokasi anggaran sesuai dengan kebutuhan setiap tahunnya. "Karena pemasangan listrik gratis ini akan terus dianggarkan selama masih ada warga Pesibar yang belum bisa merasakan aliran listrik PLN. Karena tidak ada alasan untuk tidak melayani masyarakat dengan merata dan adil," tukas orang nomor satu di kabupaten paling muda di Lampung itu.

"Terakhir, saya minta daerah talang-talang yang sulit dijangkau segera dicatat oleh DPMPTSP untuk segera diprioritaskan," tandasnya.
(eva/iqb)