PESISIR BARAT
Kunker Gubernur Ridho (eva/pin)
25/1/2018 14:06:51
840

Ridho Kunjungi Ulama dan Saibatin Pesibar

Harianlampung.com - Ribuan masyarakat dan siswa sekolah tumpah di sepanjang jalan menuju Labuhanjukung dan di Lapangan Labuhanjukung,  Kecamatan Pesisir Tengah,  Kabupaten Pesisir Barat untuk menyambut arak-arakan rombongan Gubernur Lampung M. Ridho Fikardo,  dalam rangka kunjungan kerja ke Bumi Para Saibatin dan Ulama tersebut,  Kamis (25/1).

Gubernur Lampung,  M Ridho Fikardo yang didamping oleh Saibatin Peniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Skala Brak Yang Dipertuan ke-23, Bupati Pesisir Barat,  Agus Istiqlal dan Anggota DPR-RI KRt. Hendry Yosodiningrat yang merupakan tokoh masyarakat Pesisir Barat disambutan dan diarak secara adat oleh 16 Saibatin Marga yang ada di Pesisir Barat menuju lokasi acara seremonial pada kunjungan kerja Gubernur Lampung yang dipusatkan diLapangan Labuhanjukung.

Antusias masyarakat Pesisir Barat menyambut rombongan Gubernur Lampung tersebut terlihat pada padatnya jalan sepanjang sekitar 500 Meter berbaris ribuan masyarakat dan siswa secara hangat dan akrab menyapa orang nomor satu di Provinsi Lampung tersebut.

Bupati Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Lampung, Anggota DPR-RI,  Sultan Skala Brak, dan seluruh Forkopimda yang ikut mengadiri acara kunjungan kerja untuk kesekian kalinya di Pesisir Barat. " Pesisir Barat memang kabupaten yang belum lama berdiri namun Pesisir Barat siap berkembang dengan menjunjung tinggi Adat,  adap,  budaya dan agama. Tentunya juga seiring dengan mendukung program Provinsi dan pusat.," papar Agus.

Dalam rangkain kegiatan Gubernur Lampung,  M Ridho Fikardo menyerahkan sejumlah bantuan secara langsung dan simbolis kepada masyarakat dan Pemkab Pesisir Barat seperti, Penyerahan SK honorer tenaga pendidikan Provinsi oleh Gubernur Lampung dan Penyerahan secara simbolis Bantuan Operasional Daerah (Bosda). Penyerahan secara simbolis vaksin dan alat kragotrapi serta obat dan BMHP senikai Rp. 506 juta lebih.  Penyerahan secara simbolis program bidang pertanian dan bidang perkebunan. Penyerahan secara simbolis kendaraan ambulan ke Puskesmas.

Selanjutnya Penyerahan kunci rumah nelayan yang berada di Kecamatan Lemong secara simbolis kepada nelayan. Penyerahan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni untuk Kecamatan Lemong,  Bengkunat dan Ngambur. Penyerahan bantuan stimulasi swadaya oleh Pemerintah provinsi Lampung,  Penyerahan Buku Perpustakaan,  Penyerahan gerbang desa saburai dan bantuan keuangan untuk desa dan kelurahan.  Penyerahan bantuan Baper Stock bencana alam untuk Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat.  

Serta penandatanganan prasasti Balai Pekon Pakunegara Kecamatan Pesisir Selatan, yang merupakan bantuan program gerbang desa saburai Tahun 2017. Penandatanganan prasasti SMKN1 Bangkunat Belimbing yang dibangun dengan dana Unit Sekolah Baru (USB) APBN dan APBD 1 Tahun 2016 dan pennadatanganan prasasti  SMAN 2 Bangkunat Belimbing yang dibangun dengan USB APBN Tahun 2015.

Sebelumnya rombongan Gubernur Lampung melakukan kunjungan dan peninjauan ke lokasi Pembangunan Kantor Bupati dan Gedung DPRD Pesisir Barat yang berada di Kecamatan Pesisir Tangah serta mengunjungi kantor Bupati Pesisir Barat yang digunakan untuk sementara waktu tersebut.

Gubernur Lampung yang sebelumnya tiba di Pesisir Barat pada Rabu (24/1) sekitar Pukul 09.40 WIB menggunakan Hellikopter dan mendarat di Bandara Taufik Kiemas,  untuk melanjutkan perjalanan menuju Suoh Kabupaten Lampung Barat dan melakukan Kunjungan kerja di wilayah Pesisir Barat.

Pada Kamis (25/1) sekitar Pukul 01.00 WIB,  Gubernur Lampung kembali ke Pesisir Barat dab bermalam di Lamban Yoso, Pekon Seray,  Kecamatan Pesisir Tengah.  Setalah melakukan berbagai rangkaian kegiatan gubernur Lampung bertolak ke Bandar Lampung menggunakan akses Bandara Taufik Kiemas sekitar Pukul 12.00 WIB.
(eva)