PESISIR BARAT
Kadinkes Pesibar Bambang Purwanto (eva/pin)
08/2/2018 11:24:12
602

Terima DAK Rp 41,039 Miliar, Dinkes Pesibar Bangun 3 Puskesmas

Harianlampung.com - Tahun ini, ada peningkatan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat. Lebih dari 50 Persen DAK tersebut disalurkan untuk peningkatan dan pembangunan 3 Gedung Puskesmas.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pesibar Bambang Purwanto kepada harianlampung. com,  di ruang kerjanya Rabu (07/02), gedung puskesmas yang akan direvitalisasi itu berada di Kecamatan Lemong,  Krui Pesisir Tengah dan Biha Pesisir Selatan.

Bambang mengatakan, pada Tahun 2018 ini, DAK yang diterima Dinkes Pesibar sebesar Rp 41,039 miliar. Anggaran itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya Rp 33,1 miliar.

“Sebanyak Rp 26,346 miliar dialokasikan untuk pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana 3 Puskesmas tersebut,” ujar dia.

Ia menjelaskan, masing-masing tiga Puskesmas itu mendapatkan kucuran dana DAK dengan jumlah yang sama. “Namun untuk pembangunan gedung atau fisiknya berbeda tergantung kondisi dan kualitas bangunan yang sudah ada. Sedangkan Puskesmas Krui Pesisir Tengah akan dibangun dari awal karena bangunan sebelumnya sudah digusur untuk lokasi Gedung DPRD," tandas Bambang.

Ia menjelaskan, sebanyak Rp 8,7 miliar akan digunakan untuk Puskesmas Lemong dengan rincian, Rp 5,3 miliar untuk peningkatan  fisik dan Rp 3,4 miliar untuk sarana prasarana.  Puskesman Biha juga menerima besaran anggaran yang sama, dimana Rp 5,2 miliar digunakan untuk peningkatan fisik dan Rp 3,5 miliar untuk sarana prasarana,

Adapun dan Rp 8,7 miliar lainnya akan digunakan Puskesmas Krui Pesisir Tengah.  Dimana sebesar Rp 5,5 miliar dianggarkan untuk pembangunan awal dan  Rp 3,2 Miliar untuk belanja sarana dan prasarana.
(eva/ale)