PESISIR BARAT
Dialog MPAL Pesibar (eva/pin)
24/5/2018 12:43:02
586

MPAL Pesibar Gelar Dialog Cegah Konflik Sara

Harianlampung.com - Majlis Punyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesisir Barat menggelar dialog pencegahan konflik sara, yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Selalaw,  Pantai Labuhanjukung,  Kecamatan Pesisir Tengah,  Kamis (24/5).

Kegiatan dialog pencegahan konflik sara Kabupaten Pesisir Barat tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Agus Istiqlal dan bekerjasama dengan TNI,  Polri serta Kesbangpol Pesibar.

Disampaikan Ketua MPAL Kabupaten Pesibar,  Putrawan Jayaningrat yang juga merupakan Saibatin Marga Waynapal,  menyampaikan bahwa pelaksanaan dialog pencegahan konflik di Kabupaten Pesibar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait adanya isu ataupun hal-hal yang bisa menimbulkan konflik antar suku,  ras serta agama khususnya di Kabupaten Pesibar.

Dalam kegiatan tersebut,  selain para perwakilan OPD,  ikut juga menghadirkan perwakilan 16 Saibatin serta masyarakat Pesibar,  tokoh agama dan pemuda.

Sementara disampaikan Bupati Agus Istiqlal bahwa di Kabupaten Pesibar dengan banyaknya perbedaan dan keyakinan kita bisa bersatu. Sebagai contoh Rosullalah dapat menyatukan berbagai umat sedunia.

Selain itu dikesempatan tersebut Agus berharap kepada 16 Sai Batin Marga untuk menjadi panutan dikalangan warganya.

"16 Sai Batin diharapkan jadi panutan dan tempat warga bertanya. Panggilan Pun (Panggilan Khusus untuk para Saibatin) tidak bisa dibeli, makanya diharapkan Sai Batin menjadi pagar atau figur bagi masyarakatnya,"ucap dia.

Ditambahkan Bupati, untuk wilayah Pesisir Barat yang kaya berbagai potensi, akan sulit terjadi konflik Sara selama kita bisa menjalin silaturahmi dan memaklumi perbedaan.

"Saya yakin dan berkesimpulan di kabupaten Pesisir Barat sulit terjadi konflik. Justru karena perbedaan kita akan semakin kuat dan bersatu,"pungkasnya Agus.
(eva)