PESISIR BARAT
Rakor, Panwaslu Pesibar (eva/pin)
27/5/2018 04:00:18
494

Pesibar Gelar Rakor Perkuat Struktur Panwaslu

Harianlampung.com - Panitia Pengawas Pemilu  (Panwaslu) Kabupaten Pesisir Barat, terus melakukan penguatan terhadap struktur Panwaslu Kecamatan, dalam rangka menciptakan petugas yang kuat dan kompeten.

Dalam rangka melakukan tugas pengawasan, Panwaslu Pesisir Barat melakukan Rakor Pemantapan Pengawasan Pendistribusian Logistik pada Pilgub Provinsi Lampung 2018, yang dipusatkan di D'jabung Resort Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan, Sabtu-Minggu (26-27/5).

Komisioner Panwaslu Pesisir Barat, Abdul Kodrat, MH, mengatakan, materi yang disampaikan terhadap 33 orang peserta yang merupakan Koordinator Divisi PHL (Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga) serta Koordinator Divisi HPP (Hukum dan Penanganan Pelanggaran) dari 11 kecamatan.

"Untuk menciptakan petugas pengawasan kecamatan selain perekrutan dengan ketat, juga kami memberikan pengetahuan tentang tatacara pengawasan yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Abdul Kodrat, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Panwaslu Pesisir Barat, Sabtu (26/5).

Rakor yang juga di hadiri ketua Panwaslu Irwansyah dan Heri Kusnanto koordinator divisi PHL, Kodrat, mengatakan pihaknya mengharapkan semua petugas pengawasan Pilgub Lampung dari tingkat kabupaten, kecamatan dan pekon, betul-betul memahami pedoman pengawasan.

"Semua proses dan tahapan Pilgub harus diawasi, baik kegiatan yang dilakukan oleh pasangan calon maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU, jadi seluruh petugas harus bekerja maksimal, apalagi saat ini dalam tahap kampanye," jelas Kodrat.

Menurut Kodrat yang sebelumnya berprofesi sebagai advokat ini, mengatakan berbagai materi yang disampaikan pada kegiatan Rakor tersebut, jadi pihaknya berharap untuk diikuti secara serius, jadi apa yang sudah didapatkan, bisa ditransfer secara benar terhadap anggota Panwas Kecamatan dan Pekon yang lain.

"Kami harap seluruh materi yang disampaikan untuk di mengerti, jadi selain mampu menjalankan tugas dengan baik dan sesuai aturan, ilmu yang didapatkan juga secara benar disampaikan kepada anggota yang lain," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kodrat juga berharap masyarakat Pesisir Barat untuk melakukan pengawasan yang terjadi dilingkungan masing-masing, dan apabila menemukan dugaan pelanggaran untuk melaporkan kepada petugas pengawas terdekat dan disertai dengan bukti-bukti yang akurat.

"Yakin seluruh laporan masyarakat akan kami tindak lanjuti, sepanjang memiliki bukti yang akurat, dan kita harus menyadari bahwa menciptakan Pemilu yang bersih merupakan tugas bersama, dan kami bangga kalau warga Pesisir Barat mengatakan tidak untuk tidak kecurangan Pemilu," jelas Kodrat.

Sementara ketua Panwaslu Pesisir Barat, Irwansyah, berharap seluruh jajaran Panwascam dan PPL untuk terius terjun kebawah dalam pengawasan dan memastikan logistik tersalurkan sesuai prosedur dan perundang-undangan yang berlaku.

"Petugas pengawasan tidak ada jam kerja, jadi harus kerja dengan maksimal, rajin turun kebawah, dan saat ini pada tahap pendistribusian logistik Pilgub, pastikan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku," harap Irwansyah.
(eva)