PRINGSEWU
Seminar Akhir Pembuatan Masterplan e-Government . (lis/pin)
14/12/2017 13:05:39
537

Diskominfo Gelar Seminar Pembuatan Masterplan e-Government Pringsewu

Harianlampung.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pringsewu menggelar Seminar akhir pembuatan Master Plan E-Government Kabupaten Pringsewu, di Hotel Urban Pringsewu, Kamis (14/12).

Seminar ini menghadirkan dua narasumber dari PT.Syscomindo Lampung yakni Taufik Hidayat dan  Amirul Huda. Kegiatan diikuti 60 peserta dari perwakilan satker di lingkungan Pemkab Pringsewu. Kegiatan dibuka oleh Asisten I Sekkab Pringsewu Zuhairi.

Kepala Dinas Kominfo Kudus Heriyanto menjelaskan, seminar ini dalam rangka menyediakan dokumen acuan perencanaan strategis dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi yang bersifat menyeluruh dan terpadu, mulai dari kerangka pikir hingga pentahapan implementasinya.

Sedang  tujuan kegiatan, agar pelayanan pemerintahan berbasis teknologi informasi dan telematika dapat diwujudkan dengan ideal, terintegrasi yang menerapkan prinsip efisiensi dan efektivitas dalam implementasinya yang berujung pada efektivitas investasi.

Kudus mengatakan, untuk sasaran dari penyusunan Master Plan e-Goverment Kabupat‎en Pringsewu adalah tersedianya dokumen acuan jangka menengah untuk pengembangan e-Government di Kabupaten Pringsewu."Dengan harapan produk yang dihasilkan yakni Naskah Master Plan E-Government Pemkab Pringsewu," tuturnya.

Kadis Kominfo Pringsewu menambahkan, kegiatan itu dasar hukum sebagai payung Master Plan diantaranya UUD 1945, PP Nomor 84 tahun 2000 tentang pedoman organisasi perangkat daerah, Kep Pres Nomor 9 tahun 2003 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia, Inpres Nomor 2 tahun 2001 tentang penggunaan komputer dengan aplikasi komputer berbahasa Indonesia, RPJMD Kabupaten Pringsewu.

Serta Peraturan Bupati Pringsewu Nomor 04 tahun 2016 tentang standar operasional prosedur pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Pemkab Pringsewu serta Peraturan Bupati Pringsewu Nomor 43 tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas pokok, fungsi dan tata kerja, dinas-dinas pemerintah daerah.

Kesempatan itu Asisten I Sekkab Pringsewu Zuhairi mewakili bupati ketika membuka agenda tersebut menuturkan, pihaknya memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Hal itu sebagai wujud kepedulian terhadap kemajuan pembangunan bangsa kususnya di Kabupaten Pringsewu," ujarnya.

Menurutnya, E-Government merupakan suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik, suatu pentaan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah teknologi informasi dan komunikasi.

Teknologi internet selama ini telah berkembang sehingga mempengaruhi cara menjalankan organisasi. Dalam pemanfaatan teknologi itu, ternyata muncul kendala bagi instansi pemerintah dalam menerapkan pelayanan terbaik dan tercepat kepada masyarakat.

Maka melalui pembuatan Master Plan e-Government ini sangat mendukung Pemkab Pringsewu dalam mewujudkan rencana pokok pengembangan e-Government yang baik, sesuai dengan kondisi, keinginan dan kebutuhan Pemkab Pringsewu yang bertujuan terciptanya sebuah rencana kerja pemerintahan yang berbasis elektronik dan acuan membangun Kabupaten Pringsewu untuk mewujudkan Good Governance.

“Maka saya  berharap melalui kegiatan itu, semoga dapat memberikan manfaat yang besar serta kontribusi yang mengembangkan kemajuan teknologi di tanah air, kususnya di Kabupaten Pringsewu," ungkap Zuhairi.
(lis/ale)