PRINGSEWU
Penandatangan Pakta Integritas (pin/ist)
14/12/2017 21:05:10
816

126 Kades Tandatangani Pakta Integritas

Harianlampung.com - Sebanyak 126 kepala pekon (kepala desa) dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu menanda tangani pakta integritas,  sebagai salah satu upaya agar kepala pekon dalam melaksanakan tugasnya dapat senantiasa mengacu pada kaidah serta aturan yang ada.

Selain menandatangani pakta integritas, yang di saksikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Muspida Pringsewu dan sejumlah kepala OPD setempat, berlangsung Kamis (14/12) di Hotel Regency Gasdingrejo.

Para kepala pekon berlanjut mengikuti pelatihan manajemen pemerintahan yang dibuka oleh Wabup Fauzi, dengan menghadirkan beberapa orang pemateri.

Kesempatan itu Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan, peranan dan posisi pemerintahan pelontar dengan memperhatikan berbagai kewenangan berdasarkan otonomi asli yang dimiliki, merupakan miniatur birokrasi di tingkat nasional.

Pada pemerintahan pekon terdapat unsur kepala pekon beserta perangkatnya yang akan menjalankan berbagai keputusan politik mulai dari tingkat pekon melalui Badan Perwakilan Desa atau di Pringsewu disebut dengan istilah Badan Hippun Pemekonan (BHP) hingga keputusan politik di tingkat nasional yang turut mewarnai penyelenggaraan pemerintahan pekon. 

"Maka hal itu dibutuhkan sebuah unsur pendukung yang kuat dan dapat melaksanakan berbagai fungsi dalam manajemen pemerintahan pekon,"ujarnya.

Wabup Fauzi menuturkan, dengan dasar pemikiran tersebut, seperti tertuang dalam Undang-undang No.6 Tahun 2014 yang ditindaklanjuti dengan PP No.43 Tahun 2014 Tentang Peraturan pelaksanaan Undang-undang No.6 Tahun 2014 Tentang Desa."Maka secara keseluruhan pemerintahan pekon perlu melakukan perubahan pola pikir dalam menyelenggarakan tugasnya,"harap Fauzi
(lis/iqb)