PRINGSEWU
PSKS Pringsewu (pin)
18/12/2017 20:39:20
964

Dinsos Pringsewu Apresiasi Kinerja PSKS

Harianlampung.com - Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu ‎mengumpulkan 250 petugas Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dan relawan sosial se-Kabupaten Pringsewu, di Aula pemkab setempat guna memberi memotivasi dan dukungan, Senin (18/12). Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Dudi Mashardi.

Kadis Sosial Pringsewu Arif Nugroho menuturkan sejumlah 250 anggota PSKS dan relawan sosial itu meliputi unsur petugas TKSK, PSM, TAGANA, Perwakilan Karang Taruna, LKS/LKSA , Pendamping Sosial/ PKH, Tim LK3, Satuan Bakti Pekerja Sosial Anak dan Tim SLRT.

Sedang maksud dan tujuan kegiatan tersebut  untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta mendapatkan penguatan dan arahan terkait kebijakan penanganan kesejahteraan sosial dan peran PSKS serta  relawan sosial dari Bupati Pringsewu."Mereka para peserta aga memperoleh tambahan ilmu dan wawasan tentang sosial,"ujarnya. 

Arif Nugroho menjelaskan, perkembangan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial yang merupakan program baru dari Kementerian Sosial RI di Kabupaten Pringsewu bahwa sampai 18 Desember 2017 ini, Basis Data Terpadu yang sudah diverifikasi oleh Fasilitator, Supervisor dan Manajer SLRT berjumlah 1.588 Keluarga.

Selain itu pada awal  Desember lalu, melalui Pendamping Sosial PKH telah dilakukan verifikasi dan validasi calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan Tahun 2018 sebanyak 13.503 KPM. "Untuk saat ini, melalui Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sedang dilakukan Verifikasi dan Validasi Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 13.521 Keluarga,"terang Kadis Sosial Pringsewu.

Sementara itu Dudi Marsudi mewakili Bupati Pringsewu menghimbau tentang pentingnya kebersamaan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pekerja sosial. Bahkan diakui bahwa Pemerintah Kabupaten Pringsewu belum bisa berbuat banyak kepada para PSKS.

"Sebab dengan semangat juang yang tanpa pamrih dilandasi dengan keikhlasan akan membuahkan hasil yang baik dan bermanfaat,"ujarnya.

Staf Ahli Bupati memaparkan, mengenai peluncuran Call Center akan berdampak kepada peningkatan permintaan pelayaann oleh masyarakat. Oleh karenanya diharapkan kepada semua pihak untuk selalu menjaga kekompakan dan integritas sebagai petugas sosial yang dikenal tanpa pamrih atau dikenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa.

"Evaluasi akan selalu dilakukan, termasuk di dalamnya evaluasi kepada petugas sosial. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,"harapnya.

Disisi lain Dudi Marsudi  berharap bahwa kerjasama yang sudah terjalin dengan seluruh Stake Holder  dapat semakin ditingkatkan. Sebab keberadaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) sangat membantu Pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)."Sebab pemerintah daerah tidak akan mampu menangani semua permasalahan yang ada apabila tidak dibantu oleh seluruh pihak,"ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu kepada  seluruh petugas  Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial sebagai salah satu bentuk apresiasi Pemerintah kepada para PSKS.‎
(lis/iqb)