PRINGSEWU
Pasar Murah (pin)
19/3/2018 14:21:22
844

Pemprov Siapkan Pasar Murah di Awal Ramadhan

Harianlampung.com - Jelang memasuki Bulan Suci Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Lampung akan melaksanakan pasar murah bersubsidi, sebanyak 5 kali di sejumlah daerah antara lain di Kabupaten Lampung Tengah dan di Lampung Selatan.

Awal tahun 2018 terjadi inflasi yang lumayan tinggi terutama di sektor kebutuhan pokok terutama beras, dimana harga beras naik hampir 50% dari harga normal (beras medium) yang merupakan kebutuhan terbesar (beras yang banyak dikonsumsi) masyarakat Lampung. Dimana kenaikan harga ini juga memicu kenaikan pada bahan pokok makanan lainnya.

Intervensi pemerintah dilakukan dalam bentuk pelaksanaan pasar murah bersubsidi, dimana pelaksanaan ini menjual berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat dibawah harga pasar bahkan terjadi penurunan harga samapai dengan 10% - 25%.

Pelaksanaan intervensi yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan melalui Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan yang secara teknis dilakukan oleh Seksi Sumber Daya Pangan untuk meringankan beban masyarakat terutama yang terkena dampak sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan akan pangannya.

Pelaksanaan Pasar Murah Bersubsidi ini telah dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu yang dibuka oleh Bapak Wakil Gubernur Lampung Hi. Bachtiar Basri, SH,MM yang secara simbolis menyerahakan 10 paket bantuan gratis pemerintah provinsi lampung kepada masyarakat yang kurang mampu di kabupaten pringsewu.

Pelaksanaan Pasar Murah bersubsidi menyediakan kebutuhan pokok yaitu beras, minyak goreng, telur, gula putih, bawang merah dan bawang putih. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat terbantu serta tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok terutama kebutuhan akan pangan yang bergizi. Dalam Pelaksanaan Pasar Murah ini Dinas Ketahanan Pangan menyiapkan paket sebanyak 2500 paket yang ditebus oleh masyarakat seharga Rp. 55.000,- (harga realnya Rp. 85.000,-).

Masyarakat Kabupaten Pringsewu menyambut baik kegiatan ini dan merasakan benar manfaatnya sehingga tidak sedikit masyarakat yang meminta gar kegiatan ini dapat terus di laksanakan secara berkala.


(hba)