TANGGAMUS
Penyerahan Bantuan Banjir Tanggamus (zim/pin)
30/10/2017 06:01:51
120

Banjir Tanggamus Akibatkan Kerugian Rp2,5 M

Harianlampung.com - Pasca bencana banjir yang melanda Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat. Sejumlah akses vital yang mengalami kerusakan seperti jembatan, akses badan jalan, irigasi pertanian, bronjong dan normalisasi sungai akan dilakukan langkah tanggap darurat.

Wabup Tanggamus, Hi. Samsul Hadi didampingi Sekda Tanggamus Andi Wijaya ketika ditemui usai menyerahkan bantuan secara simbolis di SMAN 1 Kelumbayan menyampaikan, langkah tanggap darurat akan dilakukan dalam waktu dekat ini, hal itu dilakukan agar aktifitas perekonomian warga dapat berjalan dengan lancar dan tidak terhambat.

"Tanggap darurat artinya fungsional terlebih dahulu, yang terpenting perekonomian warga tidak terganggu. Identifikasi sudah dilakukan dan dalam waktu dekat ini sudah dimulai, kalau untuk permanen akan kami laksanakan di tahun 2018," kata Wabup.

Andi Wijaya menambahkan, akibat dampak banjir tersebut, total kerugian dibidang infrastruktur mencapai Rp 2 Miliar meliputi, jembatan, badan jalan, bendungan, irigasi serta bronjong. Sedangkan dilingkup pertanian dan perkebunan seperti tanaman cabai, pisang serta lainnya mencapai kerugian sebesar Rp593 juta.

"Untuk bantuan bibit tanaman, kami akan berkomunikasi dengan beberapa perusahaan, untuk membantu bibit bagi warga yang lahannya terdampak banjir, baik itu di pekon Napal, Penyandingan.

Pekon Unggak, Kiluan Negeri, Paku. serta Pekon Sidoharjo, Kecamatan Kelumbayan Barat," ujarnya didampingi Kepala Pelaksana BPBD Romas Yadi. Ia menambahkan, Pemkab Tanggamus dalam upaya membantu meringankan korban banjir telah membuka dua posko bantuan yang dipusatkan di anjungan Kabupaten Tanggamus PKOR Way Halim, Bandarlampung dan dirumah dinas Wakil Bupati Tanggamus di Kecamatan Kotaagung.

"Jadi bagi stakholder, pihak swasta, dan organisasi di seluruh Lampung, yang ingin menyalurkan donasi bantuan bagi warga Kelumbayan, dapat mendatangi anjungan Kabupaten Tanggamus di PKOR Way Halim. Sedangkan di Tanggamus di rumah dinas wakil bupati, dan yang pasti selama dalam proses pengungsian. Kita bantu bahan pangan dan biaya secukupnya untuk keperluan sehari-hari,"katanya
(zim/iqb)