TANGGAMUS
Penertiban Baliho Pilkada Pol PP Tanggamus (pin)
11/1/2018 18:21:42
711

Pol PP Tanggamus Tertibkan Baliho Pilkada

Harianlampung.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mulai menertibkan baliho, spanduk dan reklame yang mengganggu keindahan dan ketertiban umum di sepanjang ruas jalan lintas barat (Jalinbar).

Kepala Satpol-PP Yumin BA menyampaikan, penertiban banner, baliho dan reklame tersebut dilakukan berdasarkan peraturan daerah (Perda) No. 8 tahun 2006 tentang ketertiban umum. Penertiban baliho, banner maupun spanduk saat ini di fokuskan pada ruas jalan lintas barat (jalinbar) dari Kecamatan Pugung, Talang Padang, Gunung Alip, Gisting hingga Kotaagung Timur. Diman ruas jalan tersebut masih banyak dijumpai baner maupun baliho yang terpasang dan melanggar aturan.

"Spanduk, baliho dan reklame yang kita tertibkan yakni terpasang dibahu jalan, terpasang pada pohon penghijauan dan fasilitas umum lainnya. Ini bukan jelang tahapan pilkada, tetapi sesuai dengan perda no 8 tahun 2006 yang melanggar harus ditertibkan," kata Yumin didampingi Kabid Perundang-undangan Satpol PP Catur, Kamis (11/1).

Masih menurutnya, penertiban reklame dan spanduk yang melanggar dilakukan merata, tidak ada tebang pilih dalam penertiban tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, keindahan dan kerapihan di ruas jalan, khususnya bagi pengguna jalan raya agar tidak merasa terganggu. Satu peleton anggota Satpol-PP diturunkan untuk melakukan penertiban yang dibantu oleh Dinas Perhubungan.

"Kami bekerjasama dengan Dishub, karena mereka mempunyai peralatan Sky Lift yang khusus untuk menjangkau reklame maupun papan baliho yang terpasang diketinggian. Kita mulai di kecamatan Pugung dahulu, untuk itu kita belum bisa pastikan berapa lama. Tergantung banyak atau tidaknya reklame yang harus kita tertibkan, setelah itu Talang Padang hingga ke Kotaagung Timur," ujarnya.

Untuk spanduk maupun reklame melanggar yang terpasang di kecamatan lainnya, seperti Sumberejo, Air Naningan, Ulubelu, Cukuhbalak, dan kecamatan lain juga akan ditertibkan. Namun pihaknya saat ini masih fokus pada ruas jalan Jalinbar terlebih dahulu, untuk kecamatan lainnya menunggu jadwal berikutnya.

"Semua spanduk dan reklame yang terpasang di kecamatan lainnya jika terbukti melanggar akan kita tertibkan, kegiatan ini merupakan tugas rutin Satpol-PP untuk menciptkan keindahan dan juga kerapihan di Tanggamus," tandasnya. 
(zim/iqb)