TULANGBAWANG BARAT
Peringati Sumpah Pemuda. (jon/pin)
01/11/2017 20:53:16
96

Hanan A Razak Motivasi Pemuda dan Aparatur

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahum 2017 di halaman Pemkab lama Menggala yang dipimpin Bupati Tulang Bawang Hanan A Razak selaku inspektur upacara, Senin (30/10).

Bupati Tulang Bawang Hanan A Razak saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) R.I, Imam Nahrawi. mengatakan, "Pemuda Indonesia Berani Bersatu" karna delapan puluh sembilan tahun lalu, tepatnya tanggal 28 oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di jalan kramat raya, daerah kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan republik indonesia, tanggal 17 agustus 1945, kata Hanan A Razak dalam petikan Menpora RI.

Lanjutnya,  Sumpah pemuda dibacakan diarena kongres pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah kongres pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh indonesia. Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah, urainya dalam petikan tersebut.

" Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan era sekarang," kata Hanan A Razak.

Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada bung karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada bapak presiden republik Indonesia Joko widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan indonesia.

"Mari tanamkan jiwa pemuda yang kreatif,pemuda yang memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan pembangunan,khususnya Tulang Bawang," ajak Hanan. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Usai pembacaan sambutan Menpora R.I Imam Nahrawi, Bupati Tulang Bawang Hanan A Razak mengajak seluruh ASN di Pemkab Tulang Bawang untuk menindaklanjuti amanat petikan Menpora dalam upaya meningkatkan rasa semangat dan optimalisasikan pembangunan di segala bidang.

Saya berpesan bagi ASN agar dapat bekerja dengan baik serta tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas dan potensi diri. Karena harus dipahami bahwa pangkat dan jabatan serta kesuksesan dalam berkarier itu, pada dasarnya tidak datang secara instant, tetapi harus melalui berbagai tahap, kerja keras dan prestasi kerja yang mampu kita tunjukkan". Ujarnya

Terus tunjukkan kualitas kinerja secara profesional dan menyeluruh, tidak hanya segi disiplin menyangkut jam kerja serta berpakaian, melainkan harus dibarengi dengan produktivitas kinerja.

" Insya Allah nantinya akan menjadi bahan pertimbangan strategis bagi pemerintah kabupaten Tulang Bawang, untuk  meningkatkan perhatian kepada aparatur, baik kesejahteraan maupun pengembangan karier dan potensi aparatur secara proporsional, sekaligus diharapkan bermanfaat untuk mendukung proses pembangunan dan kemajuan kabupaten Tulang Bawang". Tutupnya.
(jon/her)