TULANGBAWANG
Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal. (fik/pin)
03/1/2018 14:26:21
851

Terkait SGC, DPRD Lampung Akan Panggil Pemkab Tuba

Harianlampung.com - Menyikapi pencaplokan lahan masyarakat di Tulangbawang oleh PT. Sugar Group Comanies (SGC). DPRD Lampung akan memanggil Pemerintah Kabupaten Tulangbawang.

"Saat ini memang kita sudah mulai kumpulkan data-data dari DPRD Tuba," kata Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal, Rabu (3/1).

Berbicara masalah PT SGC, kata Dedi itu kan induknya, karena didalamnya ada holding, ada beberapa perusahan dibawahnya dan mempunya luas lahan serta HGU berbeda-beda, untuk itu maka diperlukan data- data.

"HGU nya itu berbeda-beda , kedepan untuk mengakomodir permintaan masyarakat ini. Kita akan panggil pihak-pihak terkait, karena kita perlu data. Terutama pemerintah Tuba sendiri, " kata dia.

Pihaknya tidak mau gegabah, karen semua merasa benar, terkait permasalahan itu.

"Kita tidak bisa memaksakan kehendak, dimana didalamnya sudah diatur, tentang UU yang mengatur agraria dan tidak bisa meninggalkan aspek hukumnya, " kata dia.

Akan tetapi, kata Politisi PDIP Lampung itu, paling tidak bisa mengakomodir hak masyarakat terkait lahan yang dicaplok SGC.

"Paling tidak apa kompensasinya lahan yang mereka garap atau yang mereka tinggali, ditempati dan dikuasai lahan itu oleh masyarakat sudah 20 tahun lamanya. Apalagi lebih jauh sebelum adanya HGU itu masyarakat sudah menempati," kata dia.

Disini, kata Dedi harus ada kebijakan dari pemerintah solusi yang harus diberikan kepada warga yang terkena caplok lahan oleh SGC, masyarakat meminta agar dilakukan ukur ulang lahannya.

"Jadi harus ada kebijakan pemerintah dari reformasi agraria ini. Kita berharap di bulan 2, bulan 3 ini, ada kejelasan, ada progres terkait, pertama kejelasan hak milik itu terlebih dahulu, dengan cara memanggil pihak terkait, kemudian kita ajukan ke Kementerian Agraria melalui Gubernur Lampung," katanya.
(fik/iqb)