OLAHRAGA
Mourinho. (pin/ist)
23/12/2016 17:17:27
174

Mou: Rasanya Sulit Bagi MU Kejar Chelsea

Harianlampung.com - Mendekati akhir tahun 2016, Chelsea belum terkejar di urutan teratas tabel klasemen sementara Liga Premier Inggris. Jose Mourinho menyebut catatan impresif Chelea di paruh pertama musim tak lepas dari ketangguhan barisan belakang mereka.

Posisi Chelsea di puncak klasemen dipastikan aman setidaknya hingga libut Natal 2016. Dari 17 pertandingan yang sudah dimainkan, The Blues mengumpulkan nilai 43 atau unggul tujuh poin dari Liverpool di posisi kedua.

Sejak menelan kekalahan beruntun dari Liverpool dan Chelsea di liga, skuad asuhan Antonio Conte mencatatkan rekor impresif 11 kemenangan beruntun. Produktifitas go Diego Costa dkk juga terbilang tinggi, mereka bisa mencetak 25 gol dari 11 laga terakhirnya atau jika dirata-ratakan 2,3 gol per laga.

Akan tetapi, dari pengamatan Mourinho kunci sukses Chelsea adalah bagaimana tangguh dan solidnya barisan belakang mereka. Inilah yang menjadi hambatan tim besar seperti Manchester United, Manchester City, Leicester serta Tottenham Hotspur untuk meraih poin penuh saat jumpa tim asal kota London tersebut.

Sejauh ini, gawang Chelsea baru kemasukan 11 gol. Jumlah tersebut terendah dari semua klub peserta Liga Premier Inggris di paruh pertama musim.

"Mereka mencetak satu gol dan mereka menang. Mereka banyak bertahan. Mereka bertahan dengan baik dan menang. Di 20 menit akhir laga, mereka biasanya bermain bertahan," kata pelatih 56 tahun kepada ESPN.

"Mereka tak peduli dengan orang-orang katakan dan apa yang orang-orang pikirkan. Mereka hanya ingin menang. Dan, karena itu, saya tidak melihat mereka membuang banyak poin," ia melanjutkan.

Manchester United sekarang masih tertahan di posisi keenam dengan selisih 13 poin dari Chelsea. Bila melihat tren positif yang dibuat The Blues, butuh kerja keras bagi Setan Merah untuk mengejar ketertinggalan.

"Anda harus jujur dan mengatakan itu sangatlah sulit. Bukan hanya perbedaan dalam poin tetapi juga filosofi permainan," pungkas pria Portugal.
(inilah)