OLAHRAGA
Ernesto Valverde & Guardiola (pin/ist)
20/10/2017 13:59:19
112

Catatan Valverde Lebih Baik dari Guardiola-Enrique

Harianlampung.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memiliki catatan lebih baik dibandingkan mantan pelatih Blaugrana sebelumnya, Pep Guardiola dan Luis Enrique di Liga Champions.

Terlalu dini mengatakan siapa yang akan menjuarai Liga Champions musim ini, tapi Barcelona asuhan Valverde memiliki catatan lebih bagus dibandingkan pendahulunya seperti Pep Guardiola, Luis Enrique, Frank Rijkaard, dan Johan Cruyff.

Cruyff, Rijkaard, Guardiola, dan Enrique mampu membawa Barcelona menjuarai Piala Champions dan Liga Champions. Tapi, statistik keempat pelatih tersebut masih kalah mengilap dibandingkan Valverde di musim ini.

Cruyff membawa Barcelona menjuarai Piala Champions doi 1992. Pria asal Belanda mencatatkan dua kemenangan dan satu kekalahan. Barcelona menang 3-0 atas Hansa Rostock di Camp Nou, kemudian kalah 0-1 di kandang Rostock, dan menang 2-0 lawan Kaiserslautern.

Rijkaard memimpin Barcelona menjuarai Liga Champions di 2006. Rijkaard memulai perjuangan di Liga Champions dengan dua kemenangan dan satu imbang. Barcelona meraih kemenangan atas Werder Bremen (2-0) dan Udinese (4-1), selanjutnya imbang tanpa gol lawan Panathinaikos.

Guardiola membawa Barcelona dua kali memenangkan Liga Champions di 2009 dan 2011. Di 2009, Barcelona mencatatkan dua kemenangan dan satu kalah. Kemenangan pertama diraih atas Wisla Krakow di babak playoff leg pertama dan kalah 0-1 di leg kedua. Di fase grup, Barcelona menang 3-1 atas Sporting CP.

Kemudian, di 2011 mencatatkan dua kemenangan dan satu imbang. Kemenangan diraih atas Panathinaikos (5-1), imbang 1-1 dengan Rubin Kazan, dan menang 2-0 melawan FC Copenhagen.

Terakhir kali Barcelona juara Liga Champions di 2015 di bawah asuhan Luis Enrique. Barcelona mencatatkan dua kemenangan dan satu kalah. Dua kemenangan diraih lawan APOEL (1-0) dan Ajax (3-1). Satu kekalahan diderita lawan PSG (2-3).

Berbeda dengan Valverde, Barcelona memulai tiga laga Liga Champions dengan sempurna. Tim asal Katalunya menundukkan Juventus 3-0, Sporting CP 1-0, dan Olympiakos 3-1.
(hlin)