OLAHRAGA
Manchester United (pin/dok)
07/12/2017 12:01:38
407

Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Harianlampung.com - Fase grup Liga Champions Eropa 2017/18 rampung dimainkan, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. 16 tim memastikan diri melangkah ke fase gugur, siapa saja mereka?

Grup A

Manchester United menyudahi fase grup sebagai juara grup dengan mengemas nilai 15 hasil dari lima menang dan sekali kalah. Di pertandingan terakhir mereka mengalahkan CSKA Moskow dengan skor 2-1.

Kemenangan Basel 2-0 di kandang Benfica memuluskan langkah wakil Belgia ke 16 besar dengan status runner-up, mereka mengemas nilai 12 hasil dari empat kemenangan serta dua kali imbang.

Grup B

Paris Saint-Germain (PSG) harus menelan kekalahan perdana di kompetisi Eropa usai ditaklukkan Bayern Munchen 3-1 di matchday terakhir. Akan tetapi, hasil tersebut tidak mempengaruhi status Les Parisiens sebagai juara grup dengan nilai 15.

Munchen mendampingi PSG sebagai runner-up, meski memiliki nilai yang sama (15), Munchen kalah head-to-head karena kalah telak 3-0 di putaran pertama.

Grup C

Roma mampu menyalip Chelsea untuk menduduki posisi juara grup. Di pertandingan terakhir, I Giallorossi menang tipis 1-0 atas Qarabag. Mereka total mengemas nilai 11 hasil dari tiga menang, dua imbang serta sekali kalah.

Chelsea yang mengemas nilai sama (11) harus puas berada di posisi runner-up karena kalah head-to-head. Di pertandingan terakhir fase grup, The Blues bermain imbang 1-1 melawan Atletico Madrid.

Grup D

Seperti yang sudah dipredisksi sebelumnya, Barcelona mampu mengakhiri fase grup di posisi teratas. Kemenangan 2-0 ata Sporting menambah perolehan poin mereka jadi 14.

Sedangkan Juventus yang meraih kemenangan 0-2 di kandang Olympiacos jadi runner-up. Skuad asuhan Massimiliano Allegri mengemas nilai 11.

Grup E

Liverpool menyudahi fase grup dengan status juara setelah di pertandingan terakhir melibas Spartak Moskow dengan skor 7-0. The Reds mengemas nilai 12 hasil dari tiga kali menang serta tiga kali imbang.

Sevilla mendampingi The Reds sebagai runner-up dengan nilai sembilan. Di matchday enam, Sevilla mampu meraih satu poin di kandang Maribor setelah bermain imbang 1-1.

Grup F

Rekor impresif Manchester City di musim 2017-18 terhenti di tangan Shakhtar Donetsk. The Citizens menyerah 2-1 di matchday enam. Ini menjadi kekalahan perdana City setelah 22 laga tanpa kalah.

Meskipun demikian, City tetap tak tergoyahkan dari posisi teratas Grup F dengan nilai 15. Shakhtar mendampingi City di posisi kedua dengan nilai 12.

Grup G

Besiktas memastikan lolos ke babak 16 besar setelah di pertandingan terakhir mengalahkan tuan rumah RB Leipzig 1-2. Dengan tambahan tiga poin, mereka menyandang juara grup dengan nilai 14.

FC Porto menempati posisi dua setelah meraih kemenangan 5-2 atas AS Monaco. Porto berselisih empat poin dari Besiktas, sedangkan Leipzig harus bermain di Liga Europa setelah menempati posisi tiga dengan nilai tujuh.

Grup H

Tottenham Hotspur yang sudah dipastikan lolos ke fase gugur tak mau setengah hati menghadapi APOEL. Main di Wembley Stadium, mereka menang 3-0. Hasil tersebut menegaskan posisi mereka sebagai juara grup dengan nilai 16.

Di posisi dua ada Real Madrid dengan mengemas nilai 13. El Real harus bersusah payah meraih kemenangan 3-2 atas Borussia Dortmund di matchday terakhir. Dortmund harus turun kasta ke Liga Europa setelah berada di posisi tiga dengan nilai dua.
(hlin)