OLAHRAGA
Persija Jakarta meraih gelar juara Piala Presiden 2018 (inl/dok)
18/2/2018 11:55:52
724

Persija Jakarta Juara Piala Presiden 2018

Harianlampung.com - Persija Jakarta meraih gelar juara Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United di final dengan skor akhir 3-0. Marko Simic mencetak dua gol dalam laga tersebut.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) malam WIB, Persija menurunkan skuad terbaiknya termasuk sang mesin gol, Marko Simic.

Sedangkan Bali United memainkan komposisi tim yang tidak jauh berbeda dari babak semifinal. Stefano Lilipaly dan Fadil Sausu menjadi andalan di lini tengah untuk menyuplai bola ke Ilija Spasojevic sebagai target man.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Persija langsung berinisiatif bermain menyerang sejak awal laga. Mereka melakukan pressing ketat sehingga menyulitkan lawan untuk mengembangkan permainan.

Kecepatan Riko Simanjuntak di sisi kanan dan Novri Setiawan di sisi kiri menjadi senjata andalan Persija. Berawal dari pelanggaran kepada Novri Setiawan, Persija mendapat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Bali United.

Rezaldi Hehanusa dengan jeli melepaskan bola umpan lambung yang langsung disambar sundulan kencang Marko Simic yang tak bisa dihalau kiper Wawan Hendrawan.

Macan Kemayoran menambah keunggulan di masa injury time babak pertama, lagi-lagi Simic membobol gawang Bali United. Berawal dari sepakan bebas Ismed Sofyan, bola ke tiang jauh mampu dikuasai Rohit Chand. Dia melepaskan umpan lambung ke tengah kotak penalti, Simic yang tanpa pengawalan menyambut bola dengan tendangan kaki kiri sambil menjatuhkan badan. Skor 2-0 untuk Persija bertahan hingga jeda.

Unggul dua gol, tekanan Persija tak berkurang di paruh kedua, Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan terus meneror barisan Belakang Bali United di awal babak kedua.

Bali United hanya bisa mengancam lewat serangan balik. Sepakan jarak jauh Fadil Suasu masih bisa diamankan Andritany di menit ke-52.

Publik SUGBK kembali bergemuruh menyambut gol ketiga yang dicetak Novri Setiawan. Mendapat bola operan dari Ramdani Lestaluhu, Novri melepaskan sepakan kaki keres yang gagal diblok Wawan Hedrawan.

Meski unggul jauh, Persija belum menurunkan tekana. Menit ke-80, Simic melakukan gerak tipu melewati satu pemain belakang Bali United. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, sepakan kaki kanan Simic masih bisa dibendung Wawan Hendrawan.

Mendekati akhir pertandingan, Persija belum mau menyudahi tekanan, percobaan Rico Simanjuntak dari luar kotak penalti masih tepat di pelukan Wawan Hendrawan.

Sampai peluit akhir berbunyi, skor 3-0 bagi keunggulan Persija Jakarta tak berubah. Persija keluar sebagai juara Piala Presiden 2018.

Susunan pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Ismed sofyan, Maman Abdurahman, Jaimerson, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Sandi Sutte, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, Marko Simic (Bambang Pamungkas 83`), Novri Setiawan.

Bali United: Wawan Hendrawan, I Made Andhika, Demerson Costa, Ahn Byungkeon (Ahmad Agung 55`), Ricky Fajrin, Fadil Sausu, M Taufiq, N Van Der Velden, Yabes Roni, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly.
(halin)