OLAHRAGA
(Foto : Istimewa)
15/4/2018 21:10:43
481

Catatan Semifinal UCL 2010 Kembali Terulang

Harianlampung.com - Liga Champions Eropa telah menyelesaikan babak perempatfinal, empat klub memastikan diri ke empat besar. Untuk pertama kali dalam delapan tahun, empat tim dari liga berbeda lolos ke semifinal.

Real Madrid dan Bayern Munchen menjadi dua tim terakhir yang melaju ke semifinal menyusul Liverpool dan AS Roma. Di leg kedua, Madrid memang menelan kekalahan 1-3 dari Juventus, tetapi mereka tetap berhak lolos karena unggul agregat 4-3 setelah di leg pertama menang 3-0.

Sedangkan, Munchen bermain tanpa gol di Allianz Arena saat menjamu Sevilla. Die Roten lolos berkat kemenangan 1-2 di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan sepekan sebelumnya.

Laga AS Roma versus Barcelona paling menyita perhatian, betapa tidak, Roma yang kalah 4-1 di leg pertama mampu comeback dan menyingkirkan Barca setelah menang 3-0 di pertemuan kedua di Olimpico.

Duel dua tim Inggris antara Liverpool dan Manchester City dimenangkan The Reds dengan agregat telak 5-1. Skuad asuhan Jurgen Klopp menang di dua leg, pertama melibas City 3-0 di Anfield, kemudian menang 1-2 di Etihad Stadium.

Dengan lolosnya empat tim di atas, semifinal Liga Champions Eropa musim ini lebih berwarna. Liverpool mewakili Liga Premier Inggris, Real Madrid mewakili La Liga, AS Roma dari Liga Seri A Italia serta Bayern Munchen dari Bundesliga Jerman.

Ini menjadi kali pertama dalam delapan musim terakhir, semifinalis Liga Champions Eropa datang dari empat negara berbeda. Hal serupa pernah terjadi di musim 2009-2010. Saat itu, empat semifinalis berasal dari empat liga berbeda antara lain Bayern Munchen (Bundesliga), Lyon (Ligue 1 Prancis), Inter Milan (Seri A Italia) dan Barcelona (La Liga).

Setelah musim itu, klub-klub asal La Liga Spanyol seperti Barcelona, Real Madrid atau Atletico Madrid kerap masuk semifinal secara bersama-sama.
(halin)