OLAHRAGA
Pep Guardiola (inl/dok)
16/4/2018 08:33:47
585

City Juara Liga Inggris, Guardiola Ukir Rekor

Harianlampung.com - Manchester City memastikan gelar juara Liga Premier Inggris 2017-18 di pekan ke-33 Ini menjadi trofi Liga Premier Inggris pertama Pep Guardiola bersam City, ia pun menyamai catatan Jose Mourinho.

Kepastian gelar juara City didapat setelah rival sekotanya, Manchester United, menelan kekalahan 0-1 dari West Bromwich Albion di Old Trafford, Minggu (15/4/2018) malam WIB.

Dengan hasil tersebut, United yang berada di posisi kedua mengemas 71 poin atau berselisih 16 poin dari City. Dengan sisa lima pertandingan, poin The Citizens tidak mungkin terkejar Setan Merah.

Performa City di bawah asuhan Guardiola musim ini memang impresif. Dari 33 pertandingan yang sudah dimainkan, mereka mengemas 28 kemenangan, tiga kali imbang dan hanya dua kali kalah masing-masing dari Liverpool (3-4) dan MU (2-1).

Ini menjadi gelar liga keenam City dalam sejarah klub. Sebelumnya, mereka pernah mengukir capaian serupa di musim 2013-14. Saat itu, The Citizens harus memastikan gelar juara sampai pertandingan terakhir.

Bagi Guardiola ini menjadi trofi liga perdananya bersama City setelah di musim perdana gagal meraihnya. Pelatih kebangsaan Spanyol kini menyamai catatan Carlo Ancelotti dan Jose Mourinho sebagai pelatih yang minimal memenangkan satu gelar juara di tiga dari lima liga top Eropa.

Sebelum di Inggris, juru taktik 47 tahun pernah jadi juara di La Liga Spanyol bersama Barcelona kemudian di Bundesliga Jerman bersama Bayern Munchen.

Ancelotti memenangi Liga Seri A Italia bersama AC Milan, kemudian menjuarai Liga Premier Inggris bersama Chelsea, juara di Ligue 1 Prancis saat menangani PSG dan terakhir juara Bundesliga bersama Bayern Munchen.

Sedangkan Mourinho membawa Chelsea juara Liga Premier Inggris, lalu Inter Milan meraih scudetto, dan di La Liga Spanyol bersama Real Madrid.

"Lebih sulit memenangkan gelar Liga Premier Inggris. Baik secara fisik, kondisi cuaca, jumlah pertandingan, dan liga yang ketat," ujar Guardiola kepada Marca.

"Ini merupakan salah satu pencapaian terbaik tetapi saya tidak akan mengatakannya karena saya memenangkan gelar juara di setiap liga dan gelar pertama di setiap negara adalah penting."

"Gelar juara liga pertama bersama Barcelona adalah mimpi jadi kenyataan dan memenangkan gelar Liga Champions dengan mengalahkan Manchester United juga sangat menarik, khususnya dengan cara kami bermain."

"Tetapi, tetap saja momen menjuarai Liga Premier Inggris menjadi salah satu yang paling menarik dan paling penting," ia memungkasi.
(halin)