OLAHRAGA
Arsene Wenger, Pep Guardiola dan Sir Alex Ferguson (Foto: Riset)
21/4/2018 10:09:58
552

Sir Alex dan Guardiola Komentari Mundurnya Wenger

Harianlampung.com - Arsene Wenger akan menyudahi petualangan panjangnya bersama Arsenal akhir musim ini. Sir Alex Ferguson dan Pep Guardiola angkat bicara mengenai keputusan Wenger untuk mundur.

Wenger mengumumkan dirinya akan meninggalkan kursi pelatih Arsenal di akhir musim kompetisi 2017-18, Jumat (20/4/2018) siang WIB. Lebih cepat semusim sebelum kontraknya habis di 2019.

22 tahun melatih skuad Meriam London, Wenger menjadi pelatih terlama kedua menangani sebuah klub di Liga Premier Inggris setelah Sir Alex Ferguson yang membesut skuad Manchester United selama 27 musim sebelum akhirnya pensiun pada 2012 lalu.

Sepanjang kariernya di Liga Premier Inggris, Wenger pernah beradu taktik sampai terlibat dalam beberapa perseteruan dengan rekan seprofesi. Paling diingat adalah rivalitasnya dengan Sir Alex pada Oktober 2004. Saat itu, Sir Alex bersama United mampu menyudahi rekor 49 pertandingan tanpa kalah The Gunners.

Usai pertandingan, Sir Alex mendapat sambutan kurang bersahabat dari Wenger dan berujung pelemparan sepotong pizza di lorong pemain yang dilakukan oleh Cesc Fabregas. Setelah insiden tersebut, hubungan Wenger dan Sir Alex perlahan membaik.

Keputusan Wenger mundur dari Arsenal akhir musim ini disambut gembira oleh Sir Alex. Menurutnya, dengan pengabdian lebih dari dua dekade rasanya sudah cukup bagi Wenger mengukir sejarah panjang bersama tim asal kota London.

"Saya sangat senang dengan keputusan Arsene Wenger. Saya menaruh rasa hormat besar kepadanya dan pekerjaan yang sudah ia lakukan di Arsenal," kata Sir Alex seperti dikutip dari Skysports.

"Saya senang dia mengumumkan ia akan meninggalkan Arsenal di musim ini, karena sekarang dia bisa mendapatkan apa yang selayaknya."

"Tak perlu diragukan lagi, dia adalah salah satu pelatih terbaik di Liga Premier Inggris dan saya bangga bisa menjadi rival, rekan sejawat dan teman seorang pria luar biasa sepertinya," ia melanjutkan.

Sementara itu, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menganggap sosok Wenger punya andil besar dalam sejarah Liga Premier Inggris. Ia pun merasa terhormat pernah merasakan berada di pinggir lapangan menjadi lawan Wenger.

"Ia adalah pria dengan kepribadian besar," kata Guardiola dikutip dari Marca.

"Liga Premier Inggris tetaplah Liga Premier Inggris karena apa yang sudah ia lakukan dan juga visinya."

"Saya mendoakan yang terbaik baginya di masa depan. Semoga ia akan terlibat dalam kesempatan berbeda di dunia sepakbola."

"Sebuah kebahagian saat di Barcelona, Bayern Munchen dan di sini (Manchester City) pernah berkompetisi dengannya," ia memungkasi.

Guardiola pernah menjadi tokoh antagonis bagi Wenger di Liga Champions Eropa baik bersama Barca maupun Munchen.
(halin)