OLAHRAGA
Spanyol vs Rusia (pin)
02/7/2018 00:01:50
493

Rusia Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti

Harianlampung.com - Rusia melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Rusia dalam adu penalti, Minggu (1/7/2018) malam WIB. Laga dilanjutkan ke penalti setelah imbang 1-1 dalam waktu normal.

Pertandingan baru berjalan 12 menit, Spanyol mampu mencetak gol. Tendangan bebas Isco ke kotak penalti mengenai kaki Ignasevich yang sedang mengawal Ramos.

Setelah terciptanya gol, Spanyol dan Rusia kesulitan menciptakan peluang bersih. Banyak umpan-umpan yang tak menemui sasaran.

Rusia baru menciptakan peluang di menit ke-36. Diawali dari serangan balik cepat, Golovin mengontrol bola umpan dari Zobnin. Mendapat ruang tembak, Golovin melepaskan tendangan melengkung ke gawang. Sayang, arahnya sedikit melenceng.

Rusia mendapat penalti di menit ke-40. Diawali tendangan penjuru, bola ditanduk Dzuyba. Bola mengenai lengan Pique dan memaksa wasit menunjuk titik putih.

Dzuyba yang menjadi algojo mampu melakukan tugasnya dengan sempurna. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Menit ke-51, Spanyol mendapat peluang pertama di babak kedua. Tendangan penjuru dilepaskan Koke ke kotak penalti. Diego Costa mampu memenangi duel udara. Sayang, bola hasil tandukannya melambung di atas mistar.

Tersisa 15 menit pertandingan, Rusia lebih banyak bertahan dan menumpuk pemain di belakang. Spanyol kesulitan mengalirkan bola ke lini depan.

Peluang bagus didapat Spanyol di menit ke-85. Tendangan setengah voli dilepaskan Iniesta dari luar kotak penalti, tapi bola bisa dimentahkan kiper Rusia, Akinfeev.

Lima menit berselang, Spanyol mendapat kans lagi. Dari sepak pojok, Isco mengirim bola ke kotak penalti. Ramos mampu menanduk bola, tapi arahnya masih melambung. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal usai. Pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Dalam babak tambahan 2x15 menit, Rusia tetap menumpuk pemain di belakang, sementara Spanyol mendominasi penguasaan bola.

Satu-satunya peluang bersih yang terjadi di babak tambahan tercipta di menit ke-109. Rodrigo menggiring bola ke kotak penalti, melepaskan tendangan ke gawang. Beruntung bagi Rusia, Akinfeev bisa menepis bola. Bola liar diteruskan oleh Carvajal, tapi bola bisa diblok. Skor 1-1 tak berubah hingga 120 menit. Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam adu penalti, dua dari lima penendang penalti Spanyol gagal melakukan tugasnya dengan sempurna, yakni Koke dan Iago Aspas. Sementara itu, empat penendang Rusia sukses melakukan tugasnya dengan sempurna, yakni Smolov, Ignasevich, Goloviv, dan Cheryshev.

Susunan pemain

Spanyol: David de Gea; Nacho (Carvajal 70`), Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets; David Silva (Iniesta 67`), Isco, Marco Asensio (Rodrigo 104`); Diego Costa (Aspas 80`).

Rusia: Igor Akinfeev; Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Fedor Kudryashov; Mario Fernandes; Daler Kuzyaev (Erokhin 97`), Roman Zubnin; Yuri Zhirkov (Granat 46`); Aleksandr Samedov (Cheryshev 61`), Aleksandr Golovin; Artem Dzyuba (Smolov 65`).
(halin)