OLAHRAGA
Selebrasi Gol Belgia (pin)
03/7/2018 07:24:06
619

Dramatis, Belgia Kalahkan Jepang 3-2

Harianlampung.com - Sempat tertinggal dua gol, Belgia secara dramatis mampu mengalahkan Jepang dengan skor tipis 3-2 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Rostov Arena, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB, Belgia melakukan 56 persen ball possession sedangkan Jepang mencatatkan 44 persen penguasaan bola.

Belgia benar-benar dibuat kesulitan dengan rapatnya barisan belakang Jepang. Dari 19 attempts hanya ada enam yang mengarah ke gawang. Jepang yang mengandalkan serangan balik cepat justru berulang kali menghadirkan ancaman bagi Belgia.

Permainan agresif Jepang di menit-menit awal laga membuat Belgia kesulitan mengembangkan permainan. Belgia baru bisa mengendalikan permainan setelah laga melewati 10 menit.

Tercatat ada tiga shots yang sudah dilepaskan Belgia sampai menit ke-20 tetapi tak ada satupun yang mengarah ke gawang.

Menit ke-25, Belgia mendapat peluang bagus. Bola umpan silang dari Dries Mertens sampai di kaki Romelu Lukaku tetapi pemain Manchester United itu kehilangan keseimbangan di depan gawang, bola kemudian bisa diamankan kiper Eiji Kawashima.

Jepang tak tinggal diam, mereka melancarkan serangan balik di menit ke-30. Yuto Nagatomo melepaskan umpan silang dari sisi kiri, bola kemudian disundul Takashi Inui namun si kulit bundar bisa diamankan Thibaut Courtois.

Belgia kembali mendapat peluang bagus di menit ke-36. Eden Hazard berhadapan langsung dengan kiper Kawashima, namun dengan cekatan Yoshida melakukan blok. Bola rebound diteruskan Axel Witsel namun bola sepakannya masih melambung.

Gawang Belgia hampir saja kemasukan gol di menit ke-42, tangkapan Courtois sempat lepas dan bergulir ke arah gawang, namun ia bisa segera mengamankannya. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Jepang berusaha keluar dari tekanan. Tim Samurai Biru mampu memanfaatkan longgarnya barisan belakang Belgia di menit ke-48. Bermula dari umpan terobosan brilian Gaku Shibasaki dari tengah lapangan, Genki Haraguchi kemudian mengontrol bola di kotak penalti sebelum menghunjamkan tembakan terukur. Jepang memimpin 1-0.

Jepang menggandakan skor di menit ke-52. Kali ini, winger Jepang, Takashi Inui, dengan mantap melepaskan tendangan dari luar kotak terlarang yang tak dapat dijangkau penjaga gawang Belgia, Thibaut Courtois.

Tertinggal dua gol, pelatih Belgia, Roberto Martinez melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Marouane Fellaini dan Nacer Chadli.

Keputusan tersebut terbilang tepat, Belgia lebih banyak melakukan tekanan menggunakan skema umpan lambung dari sisi sayap. Jan Vertonghen menipiskan skor di menit ke-69. Bermula dari umpan sepak pojok Kevin De Bruyne, bola kemelut lalu dimanfaatkan Vertonghen dengan tandukan indah yang mengecoh Eiji Kawashima.

Belgia mampu menyamakan skor di menit ke-74. Sepak pojok Hazard dibelokkan Fellaini dengan sundulan jarak dekat. Skor 2-2.

Kiper Kawashima melakukan dua penyelamatan beruntun di menit ke-86. Pertama ia menepis sundulan Chadli, kemudian sundulan jarak dekat Lukaku.

Saat laga memasuki masa injury, sebuah serangan balik Belgia berujung gol. Diawali tangkapan Courtois memotong bola sepak pojok Jepang, ia memberikan bola ke Kevin De Bruyne.

Pemain Manchester City itu menggiring bola sampai depan kotak penalti Jepang kemudian memberikan operan ke sayap kanan yang tidak terjaga. Bola kemudian dialirkan ke tengah kotak penalt, disitu ada Lukaku dan Chadli yang meneruskan bola ke gawang, skor 3-2 menutup laga.

Dengan hasil ini, Belgia akan jumpa Brasil di perempatfinal.

Susunan Pemain:

Belgia: Courtois, Meunier, Alderweireld, Kompany, Vertonghen, Carrasco (Chadli 65`), Witsel, De Bruyne, Mertens (Fellaini 65`), Hazard, Lukaku.

Jepang: Kawashima; Sakai, Shoji, Yoshida, Nagatomo; Shibasaki (Yamaghuci 81`), Hasebe; Inui, Kagawa, Haraguchi (Honda 81`); Osako.
(halin)