OLAHRAGA
Selebrasi Gol Prancis (inl/dok)
06/7/2018 23:42:02
599

Prancis ke Semifinal Usai Bungkam Uruguay

Harianlampung.com - Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0 di babak perempatfinal.

Bermain di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7/2018) malam WIB, Prancis lebih dulu mendapat peluang di menit ke-16. Kylian Mbappe mendapatkan peluang bagus, ia berdiri bebas di depan gawang Uruguay namun gagal memanfaatkan umpan dari Olivier Giroud setelah sundulannya melambung di atas gawang.

Terus melakukan serangan, Uruguay malah kebobolan di menit ke-40. Antoine Griezmann yang mengambil tendangan bebas melambungkan bola ke tengah kotak penalti Uruguay, Raphael Varane berhasil membelokkan bola ke sisi kanan gawang yang gagal dijangkau kiper Fernando Muslera. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Uruguay tidak tinggal diam, mereka merespon di menit ke-42. Nahitan Nandez yang berada di luar kotak penalti melepaskan sepakan keras ke arah gawang, namun bola kirimannya masih melambung di atas gawang.

Semenit menjelang waktu normal babak pertama usai, Uruguay hampir menyamakan kedudukan, namun tangguhnya Hugo Lloris di bawah mistar gawang Prancis mampu menggagalkan peluang Uruguay. Lloris berhasil menepis bola hasil sundulan Martin Caceres yang mengarah ke pojok kanan gawang. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, Uruguay menaikkan tempo permainan mereka dengan terus melakukan serangan untuk mengejar ketertinggalan, namun Luis Suarez dan kawan-kawan masih kesulitan membongkar kokohnya pertahanan Prancis.

Di menit ke-61 petaka kembali mendatangi Uruguay. Les Bleus berhasil menambah keunggulan melalui sepakan keras Griezmann dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Muslera. Skor 2-0.

Dua menit menjelang usai, Prancis mendapatkan peluang dari tendangan bebas yang diambil oleh Griezmann, namun sepakannya masih melambung jauh di atas gawang Uruguay.

Absennya Edinson Cavani membuat kreatifitas lini depan Uruguay tak berkembang dengan baik. Upaya mereka selalu kandas saat memasuki sepertiga permainan lawan.

Hingga menit akhir Uruguay tidak bisa menciptakan peluang-peluang berbahaya untuk mencetak gol ke gawang Prancis. Skor 2-0 bagi Prancis bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain:

Uruguay: Fernando Muslera; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Diego Laxalt; Lucas Torreira; Nahitan Nandez (Jonathan Urretaviscaya 73`), Matias Vecino; Rodrigo Bentancur (Cristian Rodriguez 59`); Luis Suarez, Cristhian Stuani (Maximiliano Gomez 59`).

Prancis: Hugo Lloris; Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard; N`golo Kante, Paul Pogba; Corentin Tolisso (Steven Nzonzi 80`), Antoine Griezmann (Nabil Fekir 90`), Kylian Mbappe (Ousmane Dembele 88`); Olivier Giroud.
(halin)