OLAHRAGA
Timnas Belgia (pin)
07/7/2018 12:10:34
634

Penantian 32 Tahun Belgia Akhirnya Terulang

Harianlampung.com - Belgia kembali melaju ke babak semifinal Piala Dunia setelah harus menunggu 32 tahun. Roberto Martinez tak ingin Belgia hanya sekedar menembus empat besar.

Belgia mengandaskan Brasil di perempatfinal berkat kemenangan 2-1 di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB. Belgia unggul dua gol di babak pertama yang disumbang gol bunuh diri Fernandinho dan Kevin De Bruyne. Brasil menipiskan skor di babak kedua lewat Renato Augusto.

Bagi Belgia ini menjadi kedua kalinya mereka mampu menembus babak semifinal Piala Dunia. Sebelumnya, Belgia pernah melaju sampai babak empat besar di Piala Dunia 1986. Saat itu, mereka gagal ke final usai dikalahkan Argentina yang keluar sebagai juara di akhir gelaran.

"Para pemain sudah melakukan suatu hal spesial dan saya berharap semua orang di Belgia bisa sangat bangga. Capaian ini mengukir memori indah dan kami harus mengenangnya," kata Roberto Martinez.

Sampai di semifinal setelah menanti lebih dari 30 tahun, Martinez tak ingin pemainnya cepat puas. Ia ingin generasi emas Belgia bisa mengukir catatan lebih sensasional lagi di gelaran tahun ini.

"Sekarang kami butuh banyak energi untuk pertandingan selanjutnya untuk mencoba memastikan kami benar-benar bagus berada di semifinal," dia memungkasi.

Kemenangan atas Brasil tersebut menjadi yang pertama sejak Belgia mengalahkan Tim Samba pada pertandingan persahabatan tahun 1936 di Brussels.

Belgia akan berhadapan dengan Prancis di babak semifinal Piala Dunia 2018. Les Bleus melangkah dari perempatfinal berkat kemenangan 2-0 atas Uruguay.
(halin)