OLAHRAGA
Final Piala Dunia 2018 (inl/dok)
16/7/2018 00:51:57
964

Prancis Juara Piala Dunia 2018

Harianlampung.com - Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 setelah di final mengalahkan Kroasia 4-2. Ini menjadi gelar kedua Prancis setelah 1998.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB, Kroasia lebih mendominasi penguasaan bola 60 persen berbanding 40 persen. Namun demikian, Prancis yang lebih efektif dalam memaksimalkan peluang.

Dari lima shots, semuanya berujung gol sedangkan Kroasia yang melepaskan empat shots hanya bisa menghasilkan dua gol.

Jalannya Pertandingan

Kroasia berusaha menekan sejak menit-menit awal laga. Mereka tak memberi Prancis kesempatan mengembangkan permainan.

Namun, sampai menit ke-15 belum ada peluang bagus yang didapatkan Kroasia karena lini belakang Prancis tampil solid.

Prancis yang mengandalkan serangan balik mendapat tendangan bebas pertama di menit ke-18 menyusul pelanggaran Marcelo Brozovic terhadap Antoine Griezmann. Tendangan bebas Griezmann mencoba dihalau Mario Mandzukic, tapi sundulan kepalanya malah mengarahkan bola ke gawang sendiri. Skor 1-0 untuk Prancis.

Kroasia mencoba membalas, sundulan Domagoj Vida meneruskan umpan Luka Modric masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Kroasia akhirnya bisa menyamakan skor di menit ke-28. Berawal dari tendangan pojok, bola yang dibelokkan Mandzukic jatuh ke kaki Vida dan dioper ke Perisic. Ia mengontrol bola dan kemudian melepaskan tendangan kaki kiri untuk membobol gawang Hugo Lloris. Skor imbang 1-1.

Menit ke-35, pemain Prancis melakukan protes kepada wasit karena menganggap Perisic melakukan handsball saat mencoba menghalau sundulan Blaise Matuidi menyambut sepak pojok Griezmann. Wasit memberi isyarat melihat VAR.

Setelah melihat rekaman video, wasit memutuskan tendangan penalti untuk Prancis. Griezmann yang maju sebagai eksekutor berhasil menjadikan skor 2-1 setelah sepakannya mengecoh Daniel Subasci. Sampai turun minum skor tersebut tak berubah.

Menit awal babak kedua, Prancis hampir saja menambah keunggulan, tetapi sepakan keras Griezmann dari luar kotak penalti masih tepat di pelukan Subasic.

Semenit berselang, Kroasia gantian mengancam lewat sepakan jarak dekat Ante Rebic yang masih bisa ditepis Lloris dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit ke-50, Modric berupaya memecah kebuntuan timnya dengan melepaskan percobaan dari luar kotak penalti, bola rebound sepakannya coba diteruskan Sime Vrsaljko tetapi masih melambung tinggi di atas gawang.

Terus menyerang, Kroasia malah kemasukan gol ketiga di menit ke-59. Mendapatkan sodoran dari Griezmann, Pogba melepaskan dua kali tembakan. Yang pertama masih membentur pemain bertahan Kroasia, bola liar kembali pada dirinya. Dan tembakan kedua berhasil menggetarkan jala gawang Subasic yang sudah mati langkah.

Enam menit berselang, Prancis memperbesar kedudukan menjadi 4-1 lewat upaya Kylian Mbappe. Menerima umpan dari Hernandez, Mbappe melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi oleh Subasic.

Tertinggal tiga gol, Kroasia tak patah semangat. Mereka terus berupaya menggempur barisan belakang Prancis. Hasilnya, Mandzukic mampu mencetak gol memanfaatkan blunder Lloris di menit ke-69.

Kroasia memasukan Andrej Kramaric untuk membuat variasi serangan. Sampai memasuki menit ke-80, umpan-umpan lambung ke lini bertahan Prancis masih mampu diatasi Raphael Varane dan Samuel Umtiti.

Kesulitan masuk ke area penalti Prancis, Kroasia mencoba melepaskan beberapa percobaan dari luar kotak penalti seperti yang dilakukan Ivan Rakitic di menit ke-85 dan menit ke-89 masih belum menemui sasaran.

Sampai lima menit injury time, Prancis mampu mempertahankan keunggulan 4-2 atas Kroasia untuk memastikan gelar juara Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Lucas, Mbappe-Lottin, Pogba, Kante (N`Zonzi 57`), Matuidi (Toliso 75`), Griezmann, Giroud (Fekir 83`)

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic (Pjaca 81`), Rebic (Kramaric 73`), Rakitic, Brozovic, Perisic, Modric, Mandzukic
(halin)