OLAHRAGA
Dan Puslatpur Mar-8 Teluk Ratai, Letkol (Mar) Data.(her/pin)
23/11/2019 07:32:05
650

Diikuti 13 Provinsi,Puslatpur Mar-8 Teluk Ratai Gelar Turnamen Catur Tingkat Nasional

Harianlampung.com - Terbesar dan terbanyak diikuti peserta dalam ajang bergengsi "Turnamen Catur Tingkat Nasional" yang digelar Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Mar-8 Teluk Ratai Lampung dalam rangka HUT ke-74 Korps Marinir diikuti oleh 13 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan turnamen dibuka langsung oleh Walikota Bandar Lampung, Drs.H.Herman HN,MM, bersama Komandan (Dan) Puslatpur Letkol (Mar) Data.

Walikota Herman HN dalam sambutannya mengatakan bahwa, Ia menginginkan dengan adanya turnamen ini olahraga catur di Provinsi Lampung terutama Kota Bandar Lampung dapat lebih baik dan maju lagi,apa lagi telah ada Sekolah Catur, ujarnya.

"Saya berharap adanya Sekolah Catur dan turnamen ini akan ada atlet catur yang bisa membawa Indonesia juara dunia bukan hanya di nasional," kata Herman HN.



Herman HN juga mengajak semua kalangan agar terus memasyarakatkan olahraga catur dengan aktif dan rajin memainkannya. Apalagi di Bandar Lampung ada sekolah catur sehingga ke depan akan banyak atlet berkualitas di bidang ini. Bibit pecatur akan mampu membawa nama Provinsi Lampung terutama Kota Bandar Lampung, harapnya.

"Saya sangat yakin akan ada pecatur asal Lampung yang mampu.menjadi Grand Master dunia,"kata Herman HN.

Sementara,  Komandan Puslatpur Mar-8 Teluk Ratai, Letkol (Mar) Data pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan turnamen ini memberikan wahana dan edukasi yang berkualitas bagi pecatur Lampung maupun Provinsi dari luar Lampung dan terutama tentu membantu Percasi dalam hal pengembangan dan peningkatan prestasi atlet catur di Lampung bahkan membidik bibit unggul pecatur.

“Turnamen catur tahun ini saya katakan sebagai turnamen terbesar dan terberat yang diadakan oleh Percasi, sebab diikuti oleh 13 provinsi dari luar Lampung dan ada 287 peserta yang ikut bertanding," kata Dan  Puslatpur Letkol (Mar) Data, Sabtu (23/11) di Graha Bristo Teluk Betung Bandar Lampung.

Kemudian, Danlatpur Mar-8  Letkol Data mengatakan bahwa ajang ini dijadikan juga sebagai pencarian atau penjaringan atlet catur yang muda dan berbakat baik itu di daerah maupun di tingkat nasional.

" Terkait pembinaan lingkungan salah satu tugas kami adalah menyelenggarakan turnamen catur ini sesuai dengan semangat nasional yakni SDM unggul Indonesia maju, ini kita dukung sebagai Program Nasional," katanya.

Letkol (Mar) Data mengimbau kepada seluruh para peserta untuk bertanding dengan profesionalitas dan sportifitas sebagaimana semangat Marinir dalam pengabdian yang tinggi kepada NKRI.

Selain itu, Letkol (Mar) Data mengajak semua kalangan untuk memasyarakatkan olahraga catur dengan aktif dan rajin memainkannya, apalagi di Bandarlampung ada sekolah catur sehingga ke depan akan banyak atlet berkualitas di bidang catur di Lampung,khususnya di Bandar Lampung, tandasnya.

Hadir dalam pembukaan Turnamen Catur tingkat Nasional, Ketua KONI Bandarlampung, Hj.Eva Dwiana Herman HN, Perwakilan Polda Lampung,perwakilan Danlanal,Perwakilan Lanud dan Kapolres Pesawaran AKBP. Popon.

Turnamen catur tingkat Nasional ini dihadiri sebanyak 13 Provinsi dari luar Provinsi Lampung yang ikut meriahkan turnamen catur seperti, Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah,  Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Jambi.

Turnamen diikuti Peserta  287 pecatur yang terbagi dalam 220 peserta umum, 22 peserta  dari kategori TNI/Polri, junior U 18 24 peserta, dan U 12 sebanyak 21 peserta.
(her)