PARIWISATA
Air Terjun Waykeramikan di Pekon Malaya. (eva/pin)
12/5/2017 09:56:26
725

Pesona Air Terjun Waykeramikan

Harianlampung.com - Kabupaten Pesisir Barat tidak dikenal dengan wisata pantai dengan ombaknya yang menantang bagi para peselancar dunia. Tetapi juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik dikunjungi.

Di antara tempat wisata itu berupa Air Terjun Waykeramikan yang terletak di Pekon Malaya, Kecamatan Lemong. Air yang melimpah dari ketinggian sekitar 80 meter, memberikan keindahan tersendiri bagi siapa pun yang berada di dekatnya.

Meski berada di pedalaman dan harus ditempuh dengan berjalan kaki, Air Terjun Waykeramikan terbukti menarik banyak wisatawan. Tidak hanya warga sekitar yang tertarik menikmati keindahan alam Pekon Malaya. Tetapi juga banyak wisatatan datang dari luar daerah, bahkan wisatawan asing pun sudah banyak yang berkunjung ke sana.

Kabar tentang indahnya alam Air Terjun Waykeramikan itu sampai ke orang nomor satu di Kabupaten Pesisir Barat dan membuat Bupati Agus Istiqlal penasaran.

Akhirnya pada Kamis (11/5), Agus Istiqlal bersama Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Lingga Kusuma, dan beberapa kepala satuan kerja (satker), serta camat Lemong, berkunjung ke Pekon Malaya dan mengunjungi Air Terjun Waykeramikan.

Tidak mudah untuk mencapai lokasi air terjun. Bupati bersama rombongan harus berjalan kaki selama sekitar dua jam untuk sampai ke Waykeramikan. Karena jalan menuju lokasi belum bisa ditempuh dengan kendaraan, meski dengan besepeda motor.



Jalan menuju lokasi air terjun masih berupa track yang cukup ekstrem, turun naik bukit hingga ratusan meter. Selain itu, jalur yang dilewati juga harus berjalan di atas bebatuan licin yang ada di dalam air sungai.

Selama perjalanan, Agus Istiqlal mengaku penasaran mengunjungi lokasi wisata tersebut berdasarkan informasi dari warga setempat yang menjelaskan tentang air terjun yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi turis asing maupun lokal.

"Katanya lokasinya dekat dan bisa dilalui menggunakan motor. Faktanya, selain jauh, jalurnya juga naik turun bukit curam. Kalau mau bawa motor, motornya ditunggang," kata Agus yang diikuti tawa lepasnya.

Dalam perjalanannya juga, orang nomor satu di Bumi Para Sai Batin dan Ulama itu, acapkali mengeluarkan guyonan khas yang mengundang tawa rombongan.

Setelah menempuh sekitar dua jam perjalanan, akhirnya rombongan tiba di lokasi air terjun Waykeramikan. Benar saja, setibanya di lokasi tersebut bupati dan rombongan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam dengan suara deruan air yang terjun dari ketinggian sekitar 80 Meter itu.



"Tidak sia-sia kalaupun harus menempuh jalan kaki selama dua jam lebih, dengan air terjun yang sangat indah. Rasa lelah dan capek terbayar sudah dengan suguhan yang membawa kesejukan ini," kata Agus sambil menikmati pemandangan air terjun tersebut.

Di lokasi air terjun tersebut, para rombongan terlihat menikmati pemandangan dengan berbagai macam cara, ada yang sibuk foto bersama ada juga yang menikmatinya dengan beristirahat persis didepan air terjun.

"Ini layak untuk dikembangkan dan harus mendapat sentuhan dari Pemkab Pesibar, khususnya dalam hal pembukaan jalurnya agar pengunjung bisa sedikit lebih mudah untuk mencapai lokasi wisata ini," katanya.

Setelah sekitar selama satu jam dilokasi, bupati bersama rombongan kembali bertolak ke wilayah pemukiman penduduk untuk pulang kerumah masing-masing.
(eva/mfn)