PARIWISATA
Elvin Yonanda. (eva/pin)
15/8/2017 16:34:46
421

Lomba Surfing di Krui untuk Peselancar Lokal

Harianlampung.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, Pesisir Barat Surfing Asosiasi (PBSA) menggelar lomba surfing untuk peselancar lokal.

Sebanyak 40 peserta dari Kecamatan Pesisir Selatan, Krui Selatan, Karyapenggawa, dan Pulaupisang, turut memeriahkan lomba tersebut, Selasa (15/8), sekitar pukul 10.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati - Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), H. Agus Istiqlal, - Erlina,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Azhari,  perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pesibar, para staf ahli, asisten, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pesibar, turis yang didaulat menjadi juri dan peserta lomba.

Disampaikan Ketua Pelaksana dari PBSA, Elvin Yonanda,  bahwa kegiatan lomba surfing tersebut selain dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, juga bertujuan untuk menarik dan menumbuh kembangkan minat masyarakat lokal dalam bermain olahraga surfing. "Lebih mendasarnya kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi bagi para peselancar yang ada di Pesibar," ungkap Elvin.

Dijelaskannya, peserta yang ikut dalam lomba tersebut sebanyak 40 peserta. Sementara teknis penilaian lomba menurut Elvin, setiap hit diikuti oleh lima peserta dan diberikan waktu melakukan aksi sebanyak 30 menit setiap hitnya.

"Sementara sampai saat ini perkembangan minat masyarakat bisa dibilang cukup tinggi, khususnya bagi pemula. Untuk itu kami berharap agar kedepannya Pemkab Pesibar bisa lebih memperhatikan upaya gali potensi bagi para pemula yang saat ini gencar dilakukan PBSA," pungkas Elvin.

Ungkapan senada juga disampaikan Kadispora, Azhari, bahwa pihaknya menilai perkembangan minat masyarakat dalam menggeluti olahraga surfing sejak beberapa tahun terakhir meningkat drastis. "Untuk itu kami berharap agar anak muda di Pesibar bisa menyukai olahraga surfing dan kedepan bisa menorehkan prestasi hingga ke tingkat nasional bahkan internasional," harap Azhari.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Agus Istiqlal, mengatakan bahwa di Provinsi Lampung sendiri hanya di Pesibar yang bisa dijadikan lokasi surfing. "Untuk itu kami menargetkan kedepan Pesibar bisa terus menjadi tuan rumah gelaran lomba surfing tingkat nasional," ujar Bupati.

Selain itu, pihaknya sendiri sangat mendukung atas upaya yang telah dilakukan oleh PBSA dalam menggali potensi dan meningkatkan minat masyarakat dalam berolahraga surfing. "Kami sangat mendukung kegiatan semacam ini kedepan berdampak positif khususnya terhadap perkembangan pariwisata pantai yang saat ini sudah menjadi sasaran bagi para peselancar dunia," jelas Agus.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi atas kesediaan para turis asing untuk terlibat langsung dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72. "Pemkab Pesibar mengucapkan terima kasih ataa partisipasi semua pihak, saya sangat bangga ataa antusiasme yang ditunjukkan dalam memperingati HUT RI dan upaya gali potensi ini," tandas orang nomor satu di Pesibar itu.

"Selain ajang silaturahmi, jadikan kompetisi lokal ini sebagai ajang melatih kemampuan," tutupnya.

Selain lomba surfing, PBSA juga menggelar kegiatan lainnya seperti bersih Pantai Labuhanjukung dan outbond. Pembukaan lomba surfing, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati, Agus Istiqlal, didampingi Wakil Bupati, Erlina, dan panitia dan para dewan juri.

(eva/mfn)