PARIWISATA
Ilustrasi (pin/ist)
26/12/2017 16:54:30
1085

Yuk Nikmati Wisata Air Panas di Olok Gading

Harianlampung.com - Jika anda ingin menikmati air panas yang berkhasiat dapat mengobati beragam penyakit tidak perlu jauh jauh sampai keluar kota Bandarlampung.

Di wilayah Negeri Olok Gading, Teluk Betung Barat terdapat sumber mata air panas yang berkhasiat mengobati pegal pegal maupun penyakit kulit lainnya.

Ada tiga tempat sumber mata air panas didalam satu lokasi ditengah persawahan tepatnya di Kampung Brow Gg Sunda, Negeri Olok Gading.

Menurut Abah Suha (60), warga setempat yang diberi kepercayaaan oleh Reflan warga Gedong Pakuon pemilik lokasi tanah untuk mengelola menanam padi dan kolam ikan dilokasi sumber mata panas.

"Ada tiga lokasi sumber mata air dilokasi ini pak, dan letaknya tidak berjauhan. Namun yang dapat langsung di buat mandi adah sumber mata air yang tidak seberapa besar karena tidak terlalu panas sambil menunjuk ke arah salah satu sumber mata air. Sedangkan dua sumber mata air lainnya airnya lebih panas sehingga terlalu panas kalau dibuat mandi," ujar Suha.

Suha, melanjutkan di lokasi ini tidak boleh melakukan hal hal yang diluar batas kesopanan atau yang berbuat jorok, misalnya buang air besar sembarangan. Pernah ada warga sini yang buang air besar sembarangan lari terbirit birit akibat melihat orang tinggi besar," jelas Suha.

Seorang warga Bakung bernama Iwan Sayuti menceritakan pengalamannya. Sekitar bulan Agustus beberapa bulan lalu ada seorang kawannya yang ingin ditemani ke lokasi sumber mata air tersebut.

Kata dia, bila ingin mengobati penyakit rematiknya dan penyakit lainnya yang bersifat non medis sumber mata air panas ini bisa sembuh."Ternyata setelah beberapa  kali saya temani mandi disini penyakit rematik dan penyakit lainnya sembuh, subhanallah," jelas Iwan.

Pantauan di lokasi sumber mata air sangat layak untuk dikembangkan sebagai daerah potensi wisata karena berada di tengah kota Bandarlampung. Sehingga warga yang ingin menikmati air panas tidak perlu sampai keluar kota.

Untuk menuju lokasi ada dua alternatif. Yang pertama lewat jl Kesumayuda, Sumur Putri masuk ke arah kampung Brow lokasinya berada di daerah persawahan pinggir jalan aspal Jl Sunda.

Alternatif lainnya khusus bagi pengendara motor roda dua melewati jalan di belakang kantor lurah Gedung Pakuon, Teluk Betung Barat

(hal/pin)