PARIWISATA
Gubernur Ridho disambut secara adat. (pin)
24/1/2018 19:04:13
1211

Ridho Disambut Alam Gemisekh

Harianlampung.com - Pada kunjungan kerjanya di Lampung Barat, Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo disambut secara antusias oleh masyarakat dengan arak-arakan menggunakan perangkat adat, Alam Gemisekh.

Acara semarak itu terjadi di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat, Rabu (24/1).

Alam Gemisekh merupakan salah satu perlengkapan adat yang menjadi bagian dari tradisi peninggalan nenek moyang masyarakat Lampung, khususnya di Sekala Brak.

Sesampainya di Suoh, Ridho disambut langsung oleh Raja Sekala Brak Pangeran Edwarsyah Pernong dan bupati Lambar, Parosil Mabsus berikut sejumlah pejabat pemerintah daerah kabupaten Lampung Barat.

Menurut Surahman, Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Pemda Lambar, kunjungan Gubernur selain ke Kecamatan Suoh dan BNS juga akan melakukan kunjungan peninjauan GOR Ajisaka yang ada di kawasan Sekuting Terpadu di Kecamatan Balik bukit.

“Pak Gubernur dalam kunjungannya tersebut akan melakukan peninjauan terhadap hasil pembangunan jalan yang dilaksanakan di Suoh dan BNS yang juga dibiayai APBD Provinsi Lampung. Sekaligus akan menyerap aspirasi masyarakat Lambar guna meningkatkan kemajuan Lambar ke depan,” ungkap Surahman.

Sementara, Gubernur Ridho Ficardo sangat mengapresiasi pembangunan yang ada di Bumi Sekala Brak, baik dari sisi SDM maupun SDA nya.

“Dari segala sisi, Lambar sudah semakin baik, jadi tidaklah mengherankan bila Kabupaten Lambar selama ini merupakan salah satu kabupaten andalan sebagai sumber penghasil manusia-manusia unggulan (berprestasi) di Lampung. Semoga Lambar semakin cepat maju dan lebih baik lagi kedepannya,” kata Ridho.

Terkait infrastruktur jalan provinsi yang melintas dari kota Lambar menuju Kecamatan Suoh dan Kecamatan BNS, yang kondisi jalannya sudah baik, Ridho berpesan agar dijaga.

"Saya juga meminta kepada Masyarakat Lambar khususnya di Suoh dan BNS, untuk tetap menjaga keamanan lingkungannya. Saya juga meminta terkait dengan jalan agar jangan dijaga. Kepada peratin (Kepala desa) untuk dapat memberikan himbaun kepada masyarakatnya agar dapat menjaga serta memelihara jalan tersebut dengan baik," ujar Ridho.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus berharap agar diperkuat jalinan hubungan dan kerjasama yang semakin sinergis,  harmonis, dan terintegrasi.

"Sehingga visi RPJMD Provinsi Lampung, menuju Lampung maju dan sejahtera 2019 dapat terwakilkan di Bumi Sekala Brak ini, sehingga cita-cita kami menjadikan Lampung Barat Hebat  dan sejahtera semakin optimis untuk diwujudkan," harapnya.
(pin)