POLITIK
Demo BEM se Indonesia (pin/dok)
12/1/2017 16:54:45
140

Mahasiswa Longmarch, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup

Harianlampung.com - Massa mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Bela Rakyat 121 bergerak dari kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat menuju depan Istana Negara, Kamis (12/01). Aksi longmarch ini menyebabkan Jalan Merdeka Barat ditutup sementara.

Massa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia (BEM SI) tersebut bergerak menuju Istana Negara melalui Jalan Medan Merdeka Barat. Imbasnya, ruas jalan tersebut ditutup sementara. Hanya jalur Transjakarta yang dibuka oleh polisi. Kendaraan pribadi diperbolehkan melewati jalur Transjakarta.

Ada pula sebagian kendaraan pribadi yang dibelokan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan atau ke Jalan Budi Kemuliaan. Akibatnya, Jalan MH Thamrin yang menuju ke Istana Negara padat merayap.

Aksi longmarch tersebut mendapatkan pengawalan yang ketat dari pihak kepolisian. Di bagian sisi jalan dan di dalam jalur Transjakarta terlihat petugas kepolisian membuat pagar betis. Tujuannya, agar massa aksi tidak masuk ke jalur tersebut, sehingga, aktivitas dari bus Transjakarta tidak terganggu.

Di barisan paling depan, massa aksi terlihat membawa keranda, spanduk, dan bendera.

Aksi Bela Rakyat 121 ini memprotes sejumlah kenaikan harga yang terjadi di awal 2017. Diantaranya, kenaikan biaya STNK dan BPKP dan pencabutan subsidi listrik untuk golongan 900VA.
(pin)