POLITIK
Pangkostrad Letjen TNI Edy Rachmayadi (pin/dok)
19/5/2017 14:15:24
114

Pangkostrad: Meriam Buatan China Tak Dioperasikan Lagi

Harianlampung.com - Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rachmayadi menegaskan seluruh meriam Giant Bow tak akan beroperasi pada puncak pelatihan PPRC mengingat adanya insiden tersebut.

"Itu sudah protap. Kalau ada masalah satu potong, itu kami hentikan," kata pria yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu. di Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (19/05).

Dalam kesempatan itu, Edy juga bertindak selaku Direktur latihan PPRC menyebutkan, bBanyaknya warga sekitar yang berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk menonton langsung kegiatan tersebut, menjadi bukti bahwa insiden yang mengugurkan empat prajurit yang latihan PPRC itu tak membuat warga sekitar urung datang menyaksikan kegiatan puncak PPRC.

Mereka rela datang sejak pagi hari mulai dari pukul 07.00 WIB ke lokasi. Padahal acara baru dimulai pukul 10.00 WIB. "Anak-anak mau lihat kendaraan (alutsista) tentara. Soalnya canggih tak pernah lihat. Dari kemarin sudah tak sabar mereka minta kesini," kata seorang warga bernama Sri (45).

Acara itu bertema PPRC TNI menghancurkan kekuatan musuh di Natuna guna mengembalikan keutuhan wilayah nasional dalam rangka mendukung tupok TNI. Ada sebanyak 13 materi demonstrasi yang akan dilakukan di darat, laut dan udara sekitar kawasan Tanjung Datuk.
(pin)