POLITIK
PLTS di Gedungmeneng. (pin/ist)
28/7/2017 10:17:15
120

Warga Gedungmeneng Nikmati Listrik Tenaga Surya

Harianlampung.com - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Lampung membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di daerah yang tidak terjangkau jaringan lisrik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Setelah PLTS di Desa Gedungmeneng, Kabupaten Tulangbawang, diserahkan pengelolaannya kepada masyarakat, Kamis (27/7), program serupa pada 2017 akan dibangun di Pahawang, Punduhpidada, dan Lumbok Seminung.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Lampung, Prihatono G. Zain, menyatakan pembangunan PLTS adalah sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat di wilayah yang belum memungkinkan mendapat jaringan listrik.

"PLTS dibangun di wilayah-wilayah yang belum memungkinkan dijangkau oleh jaringan listrik PLN. PLTS ini diharapkan menjadikan Lampung sebagai daerah yang maju dan sejahtera." jelas Prihartono.

Dia berpesan agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara secara baik aset dan peralatan yang telah dibangun dengan baik agar dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

PLTS yang dibangun di Gedungmeneng berkapasitas 50 KWP dan disalurkan melalui tiang-tiang jaringan listrik yang dibangun secara bergotong royong ke 300 rumah penduduk.

Masyarakat juga dilatih mandiri mengelola PLTS dengan mengirimkan dua warga setempat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Teknis PLTS Terpusat bagi pengelola, ke Jakarta pada tanggal 16 sampai 22 Juli 2017.

Dari 16 peserta se-Indonesia yang mengikuti Diklat tersebut, perwakilan dari PLTS Desa Gedungmeneng keluar sebagai peserta terbaik dan memperoleh predikat nilai memuaskan, katanya.
(rls/mfn)