POLITIK
Pembuatan Video HUT 72 Indonesia. (lis/pin)
13/8/2017 03:53:26
107

Bikin Video Ucapan HUT RI, Polda Libatkan Seribu Orang

Harianlampung.com - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung membuat video ucapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia di Kabupaten Pringsewu, Sabtu (12/8).

Pembuatan video dengan latar belakang hamparan sawah dengan tanaman padi yang sedang menguning yang ada di dekat rest area Tugu Selamat Datang Pringsewu di Pekon Wates, Gadingrejo.

Pengambilan video yang berlangsung sekitar satu jam itu dipimpin Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno, dididampingi para petinggi Polda, Kapolres se-Lampung, Bupati Pringsewu H.Sujadi, Wabup H.Fauzi dan Dandim 0424 Tanggamus Letkol.Inf Hista Soleh Harahap.

Kegiatan ini melibatkan sekitar seribu personil, termasuk 250 pelajar SD, SMP dan SLTA, sejumlah kelompok petani serta ratusan anggota polisi dari berbagai kesatuan dan anggota Bhayangkari.

Para peserta selain mengenakan ikat kepala kain berwarna merah putih, juga membawa bendera berukuran kecil dan balon berwarna merah putih. Mereka mengikuti instruksi dari Kapolda‎ Lampung.

Dalam prosesi pembuatan video, peserta mengelilingi pematang sawah seluas dua hektare. Sepasukan polisi membentangkan bendera merah-putih berukuran besar 14 x 7 meter dan mengibarkan beberapa bendera besar lainnya.

Saat dimulai sesi pengambilan video dari beberapa sudut dengan menggunakan sejumlah kamera video shoting juga alat pengambil gambar dari udara drown.

Kemudian, Kapolda Irjen Pol Sudjarno mengepalkan tangan menghadap ke timur dengan lantang mengucapkan, `Dari Hamparan Pangan Sang  Bumi Ruwai Jurai, Kami Keluarga Polda Lampung mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesi ke-72, Indonesia Kerja Bersama - Indonesia Merdeka‎!`

Komando Kapolda lalu disambut serentak peserta di hamparan sawah mengangkat bendera kecil dan melepas balon lalu  mengepalkan tangan dengan wajah senyum dan semangat ikut mengiringi lagu "Bendera" yang ‎ diiringi musik angklung serta berlanjut pada lagu Maumere.

Usai prosesi itu, Kapolda Lampung ‎mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu dan para pelajar serta pihak terkait yang telah turut mendukung dan membantu mensukseskan pengambilan dokumenter tersebut. "Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan video dokumenter ini‎," ucapnya.

Di samping itu Kapolda meminta maaf kepada para pemilik sawah yang sudah menguning jika ada yang rusak. "Semoga pembuatan  video ini menjadi salah satu upaya menjaga ideologi negara kesatuan Republik Indonesia,"‎ terangnya Irjen.Pol Sudjarno.

Kapolda Lampung menuturkan, diambilnya lokasi persawahan di Kabupaten Pringsewu untuk video dokumenter, karena lokasinya bagus dengan latar belakang persawahan. "Lokasi persawahan di Pringsewu cukup bagus dan menarik," ujarnya.

Area persawahan ini menggambarkan Provinsi Lampung merupakan salah satu lumbung pangan di Indonesia. "Maka lokasi persawahan di Pringsewu dinilai cocok untuk menggambarkan kondisi tersebut," imbuh Sudjarno.

Sementara itu Bupati H.Sujadi didampingi Wabup H.Fauzi juga mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Pringsewu sebagai lokasi pengambilan gambar ucapan Dirgahayu ke-72 RI dari pihak Polda Lampung.

Hal ini tentunya menjadi nilai tambah sekaligus merupakan kebanggaan tersendiri bagi jajaran pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu. "Karena setidaknya akan  membuat Negeri Bersahaja Bersenyum Manis ini semakin lebih dikenal kalangan luas," ungkap Sujadi.
(lis/mfn)