POLITIK
H Sujadi. (lis/pin)
22/8/2017 18:31:08
118

Hewan Kurban Harus Penuh Kaidah ASUH

Harianlampung.com - Hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha harus memenuhi persyaratan serta kaidah ASUH  yakni Aman, Sehat, Utuh, dan Halal.

"Aman artinya daging kurban harus terbebas dari penyakit. Sedang sehat adalah daging kurban harus bernilai gizi yang bagus," ujar Bupati Pringsewu H Sujadi di Gadingrejo, Selasa (22/8).

Sementara dua kaidah lainnya, Sujadi menjelaskan, Utuh adalah daging kurban tidak boleh tercemar dengan bahan-bahan lain. Lalu, halal, berarti penanganan hewan kurban harus benar, sesuai syariat agama. "Proses penyembelihan hewan yang harus berdasarkan syariat Islam," jelas Sujadi.

Bupati Pringsewu men‎gungkapkan hal itu kepada sekitar 70 pengurus masjid se-Kabupaten Pringsewu yang mengikuti bimbingan teknis penanganan hewan kurban di meeting room Regency Hotel Pringsewu, Gadingrejo, yang dilaksanakan Dinas Pertanian setempat.

Sujadi mengharapkan kepada para pengurus masjid dapat mengikuti bimtek tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga kemudian dapat menerapkan pengetahuan yang didapat, atau memberitahukan kepada yang lain demi kepentingan masyarakat atau umat. "Semoga ilmu yang telah diperoleh pada bimtek ini, dapat disebarkan ke masyarakat yang lain," harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu Iskandar Muda mengatakan, kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka menyongsong datangnya Hari Raya Idul Adha 1438 H / 2017 M. Pada bimtek itu menghadirkan narasumber drh.Budi Pramono dari Dinas Pertanian Pringsewu serta Ust. Munawir dari Komisi Fatwa MUI Provinsi Lampung.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengurus masjid se Kabupaten Pringsewu dalam menangani hewan qurban, mulai dari pemilihan hewan yang baik hingga proses pemotongan dan pemilahan daging. "Dengan demikian diharapkan mereka dapat melakukan penanganan daging dan qurban sesuai standard," imbuh Iskandar Muda.
(lis/mfn)