POLITIK
Penyerahan Laporan Pansus SGC (her/pin)
09/11/2017 20:35:22
238

Pansus SGC DPRD Tulangbawang Serahkan Laporan

Harianlampung.com - Panitia Khusus  Hak Guna Usaha (HGU) Sugar Group Companies (Pansus SGC) DPRD Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung  menyerahkan laporan hasil kerja kepada pimpinan DPRD setempat.

Unsur pimpinan DPRD Tulangbawang, Wakil Ketua DPRD setempat, Aliasan menerima penyerahan laporan Pansus SGC, Kamis (9/10) siang di Gedung DPRD Kabupaten Tulangbawang. “Kami sangat mengapresiasi  kerja keras dan semangat para anggota yang tergabung dalam Pansus SGC,”ujar Aliasan kepada wartawan, usai menerima laporan di Gedung DPRD Kabupaten Tulangbawang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pansus SGC terbentuk dan disyahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulangbawang, 31 Juli 2017, setelah sebelumnya berulang kali ratusan warga masyarakat dari dua Kecamatan, masing-masing Gedungmeneng dan Dente Teladas menggruduk gedung DPRD setempat. Mereka menuntut hak atas tanah mereka, termasuk hak ulayat, dan kawasan konservasi yang dicaplok masuk dalam Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan-perusahaan kelompok usaha SGC.

“Sebagai wakil rakyat, walau Pansus dipreteli, kami tetap solid menyelesaikan amanah yang diberikan rakyat kepada kami,” ujar Ketua Pansus SGC,Novi Marzani.

Kata Novi, meski Pansus tersisa empat orang, Maryoto dari PKS, Mustapa Kamal dari Hanura, dan Sondang Rajagukguk dari Gerindra, pertanggungjawaban terhadap amanah rakyat tetap kami selesaikan.

“Laporan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kami kepada rakyat,” ujar Novi Marzani yang juga duduk sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Tulangbawang.

Dalam dokumen laporan Pansus SGC setebal 12 halaman yang berisi sejarah berdirinya Pansus SGC, juga disampaikan fraksi-fraksi yang setelah Pansus berjalan menarik diri. Selain itu juga disampaikan pihak-pihak terkait  yang diundang, baik yang hadir ataupun tidak berkenan hadir di Pansus SGC.

“Laporan Pansus ada 59 point. Semuanya berdasarkan data-data, keterangan, dan laporan yang masuk ke Pansus,”ujar Novi.
(bhm/ipk/yls)