POLITIK
Penanaman Pohon di Bumi Perkemahan Kotabaru (pin)
14/12/2017 21:11:13
403

Ridho Hijaukan Bumi Perkemahan Kotabaru

Harianlampung.com - Gubernur Muhammad Ridho Ficardo memerintahkan jajarannya untuk menghijaukan bumi perkemahan Kotabaru seluas 55 Hektare. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan Syaiful Bachri dalam acara  Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Provinsi Lampung Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Kotabaru, Desa Purwotani, Jati Agung, Lampung Selatan pada Kamis (14/12/)

Menurut Syaiful, kini di areal Bumi Perkemahan Pramuka telah tertanam 19.000 batang pohon dengan jenis berbagai jenis. Antara lain sengon, cempaka, medang, mahoni, gaharu, merbau, jati, mangga, durian, dan jambu. "Dalam rangkaian acara HMPI 2017 ini akan ditanam lagi 1.000 batang bersama seluruh rimbawan dan Pramuka se-Lampung,” ujar Syaiful. 

Gubernur Lampung selaku ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka berharap ke depannya Bumi Perkemahan Kota Baru akan makin hijau, sehingga saat berkemah akan sejuk, rindang dan nyaman. Hal ini guna mendukung kesiapan Lampung sebagai tuan rumah kegiatan ke-pramukaan tingkat Nasional. Saat ini, berkat arahan Gubernur Bumi Perkemahan Pramuka-Kotabaru menghijau dibanding sebelumnya. 

Acara Hari Menanam Pohon Indonesia tahun ini mengangkat tema “Kerja Bersama; Makmurkan Rakyat, Lestarikan Alam”. Kegiatannya diisi dengan pembacaan arahan Presiden RI Joko Widodo oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Piter Syahbudin. “Kegiatan pengelolaan hutan dan lahan diharapkan mampu memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat seiring dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan serta terpeliharanya kelestarian alam. Sebagaimana dengan arahan Presiden RI Joko Widodo masyarakat dapat melakukan penanaman pohon sebanyak 25 batang setiap orang selama hidup,” ujar Pieter membacakan arahan Presiden. 

Acara peringatan ini, lanjut Pieter, memiliki arti bahwa pengelolaan hutan dan lahan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak, baik pemerintahan, organisasi massa dan masyarakat sebagai pelak utama pengelolaan hutan dan lahan. 

Presiden RI mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menanam pohon bagi kepentingan anak cucu penerus bangsa untuk bisa mendapatkan lingkungan yang sejuk, bersih dan sehat. Sesuai dengan arahan Gubernur Lampung “Sukseskan Gerakan Lampung Menghijau” Lampung siap mensukseskan HMPI Provinsi Lampung 2017.

“Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan mendukung langkah Gerakan Lampung Menghijau dengan penyediaan bibit melalui persemaian permanen, kebun bibit rakyat, dan penyediaan bibit produktif yang semuanya dapat diperoleh masyarakat secara gratis. Dan para Direksi BUMN/ BUMD/ BUMS diharapkan dapat terlibat secara nyata dan mandiri dalam mendukung program Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup,”

“Kami harapkan terjalin kerjasama yang baik oleh seluruh lapisan masyarakat atas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta melestarikan hutan dan lahan. Selamat bekerja dan berkarya,” demikian Pesan dari Menteri Lingkungan Hidup bagi masyarakat Lampung," kata Pieter
(rls/iqb)