POLITIK
Asman Abnur (pin/dok)
12/7/2018 14:20:33
121

Akan Dibuka, 100 Ribu Formasi Guru pada CPNS 2018

Harianlampung.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengumumkan, pemerintah akan mengalokasikan sekitar 100 ribu formasi untuk guru pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

“Saya sudah laporkan ke Pak Wapres tapi belum saya laporkan ke Pak Presiden ya. Kemungkinan ya, kurang lebih antara 100 ribu-an untuk seluruh guru," ujar Asman seperti dilansir akun Twitter Badan Kepegawaian Nasional, Rabu (11/07).

Formasi 100 ribu guru di CPNS 2018 ini bakal ditempatkan di seluruh pemerintah daerah yakni seluruh provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Asman menjelaskan penerimaan formasi 100 ribu guru itu dilakukan untuk mengurangi kekurangan guru yang terjadi di seluruh Indonesia. Menpan RB mengatakan, berdasarkan laporan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia masih kekurangan sekitar 700 ribu guru. "Untuk mengurangi kekurangan itu, jadi kami cicil," ujar Asman.

Asman menambahkan penerimaan CPNS tahun ini, tak ada formasi khusus bagi tenaga kontrak K2 dan honorer. Semua penerimaan harus melalui seleksi CPNS oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Sudah saya jelaskan di DPR, teknik yang kami lakukan untuk rekrutmen tidak bisa lagi tanpa tes. Tenaga K2 dan honorer silahkan ikut tes, sementara kami prioritaskan tes secara terbuka," tutur Asman.

Selain tenaga pendidik, seleksi CPNS 2018 ini juga membuka formasi dalam jumlah besar untuk tenaga kesehatan. Hanya saja, Asman menyebut jumlah pasti formasi tenaga kesehatan belum ditetapkan karena mmasih menunggu laporan dari Kementerian Kesehatan dan pemerintah daerah.

Sedangkan untuk formasi lain, Menpan RB menyatakan bakal menerima CPNS untuk mengisi sekitar 220 ribu pegawai yang pensiun. “Jumlah yang pensiun ada 220 ribu, tapi kami memakai sistem pertumbuhan yang kurang, jadi yang kami terima kurang dari itu," ucap Asman.

Asman menyatakan formasi pasti untuk seleksi CPNS 2018 ini bakal diumumkan dalam waktu dekan melalui situs BKN di https://sscn.bkn.go.id.
(pin)