POLITIK
Sidang Majelis TSM (iqb/pin)
12/7/2018 22:42:22
569

Saksi Ahli: Pelanggaran TSM Harus Dibuktikan Secara Penuh, Bukan Terpisah

Harianlampung.com - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, sekaligus saksi ahli bagi Paslon Gubernur Arinal - Nunik menilai pembuktian pelanggaran administrasi Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) dalam Pilgub Lampung sulit intuk dibuktikan.

"Harus kualitatif dan kuantitatif. Ada unsur masifikasinya. Makanya ada syarat plus 50 persen plus 1 persen dalam TSM. Tugas sidang ini membuktikan hal tersebut. Jangan sampai hanya karena ada 1 atau dua kasus lantas dianggap TSM," katanya

Kalau pun terbukti masif, pelapor dan majelis juga harus bergerak le unsur selanjutnya yakni sistematis dan terstruktur.

"Sistematis dan terstruktur itu harus terencana dan ada bukti yang mengarah ke pasangan calon. Kalau tidak bukan TSM," katanya

Ia juga meminta agar majelis membuktikan hukum sebab akibat antara kemenangan calon dengan komponen pelanggaran Terstruktur, Sistemik dan Masif.

"Karena itu tidak gampang untuk pembuktian keempat hal tersebut. TSM baru bisa dibuktikan jika keempat hal itu terpenuhi. Jadi jangan dipandang secara terpisah. Jangan-jangan memang yang bersangkutan menang secara sah," katanya.
(iqb)