POLITIK
Ilustrasi (pin/dok)
09/8/2018 15:35:45
534

China Kenakan Tarif 25 Persen untuk US$16 Miliar Produk AS

Harianlampung.com - Pemerintah China pada Rabu (08/08)  mengumumkan kebijakan akan mengenakan tarif bea masuk sebesar 25 persen terhadap US$16 miliar produk perdagangan Amerika Serikat (AS). Tarif akan resmi diberlakukan pada 23 Agustus mendatang. Produk yang akan terkena tarif tersebut adalah barang kimia dan bahan bakar diesel.

Langkah China tersebut menjadi babak baru dalam perang dagang yang disulut AS dan berkecamuk dalam beberapa bulan belakangan ini. Kebijakan ini merupakan reaksi atas kebijakan AS yang mengumumkan daftar barang impor tambahan senilai US$16 miliar asal China yang dikenakan tarif bea masuk 25 persen.

Tarif akan menyasar 279 produk, seperti; sepeda motor dan antena. Tarif juga akan berlaku 23 Agustus. Tarif diberlakukan karena Presiden AS Donald Trump menuduh China telah melakukan kecurangan dagang terhadap AS.

Perang dagang kedua raksasa ekonomi tersebut telah berimbas pada neraca dagang China.  Per Juli kemarin, surplus neraca dagang mereka hanya mencapai US$28,09 miliar atau menurun jika dibandingkan Juni yang masih mencapai US$28,93 miliar.
(pin)