POLITIK
Pengumuman cawapres Jokowi (pin/dok)
10/8/2018 08:54:15
578

Jokowi Umumkan Maruf Amin Sebagai Cawapresnya

Harianlampung.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan telah memutuskan untuk menunjuk Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin, sebagai calon wakil Presiden yang akan mendampinginya pada  Pilpres 2019 mendatang.

Pengumuman itu disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan ketum dan sekjen parpol pendukungnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (09/08).

“Saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. Keputusan ini adalah tanggung jawab besar, erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan dan berkeadilan di seluruh pelosok," ujar Jokowi.

"Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Maruf Amin," imbuhnya.

Jokowi menyebutkan alasan pemilihan Maruf Amin lantaran latar belakang, pengalaman, hingga sikapnya yang mencerminkan keteladanan tinggi. "Sosok yang utuh dan bijaksana," kata Jokowi.

Pengumuman nama Maruf Amin sebagai cawapres Jokowi cukup mengejutkan. Mengingat sebelumnya, cawapres mengarah kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. Bahkan, Mahfud pun mengaku telah dimintai CV dan sudah menjahit kemeja berwarna putih, seperti favorit Jokowi. Mahfud bahkan sudah berada di kawasan sekitar menteng, bersiap untuk mengikuti deklarasi.
(pin)