POLITIK
Sosialisasi pemotongan hewan qurban oleh Dinas Pertanian Pesibar (eva/pin)
15/8/2018 13:42:09
572

Dinas Pertanian Pesibar Gelar Sosialisasi Pemotongan Hewan Qurban

Harianlampung.com - Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), menggelar sosialisasi pemotongan hewan qurban, di Balai Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (15/8). Kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh para pengurus masjid, dan perwakilan masing-masing kecamatan.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Bidang Peternakan  Distan itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendasar terhadap masyarakat yang hendak melaksanakan pemotongan hewan qurban.

Sekretaris Distan, Amir Hakim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa digelarnya kegiatan sosialisasi pemotomgan hewan qurban agar berdampak terhadap ketepatan dalam penyembelihan hewan qurban. "Masyarakat bisa tepat tata cara, tepat hukum, dan tentunya tepat terkait kesehatan hewan qurban," ungkapnya.

Untuk itu, Amir meminga agar peserta sosialisasi bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. "Sehingga masyarakat bisa memahami aturan dalam pemotongan hewan qurban yang sesuai dengan syariat islam," pungkasnya.

Sementara ungkapan senada disampaikan Wakil Ketua MUI, Kadarusman, bahwa kegiatan itu untuk memberitahukan secara khusus terhadap masyarakat tentang tatacara melaksanakan pemotongan hewan qurban. "Karena setiap tahun jumlah masyarakat yang memotong hewan qurban meningkat secara signifikan," jelasnya.

Ditegaskan Kadarusman, berdasarkan pengalaman tahun lalu, pihaknya masih menemukan adanya daging hewan qurban yang mengandung cacing pita. Karenanya, dalam menyembelih hewan qurban semua persyaratan harus dipenuhi. "Mulai dari orang menyembelih harus baligh, alat yang digunakan harus tajam, hewan yang diqurbankan harus jelas mulai dari sapi, kerbau, kambing, domba," paparnya.

"Selain itu hewan qurban juga harus sehat dan tidak cacat. Terakhir syarat yang harus dipenuhi terkait waktu penyembelihan yakni harus setelah sholat idul adha selesai dilangsungkan," pungkasnya.
(eva)